1 Comment
pekalongan-news.com
Walikota memberikan kejutan kenaikan honor kepada penjaga makam dan petugas penyapu jalan di penghujung tahun 2016

Kota Tegal
Meski tidak bisa menjadi tumpuan untuk memenuhi kebutuhan hidup di era sekarang, namun nasib Sunarso, Karmo, Darum dan Darmawan yang merupakan empat penjaga makam di Kota Tegal ini termasuk beruntung, selain mendapatkan kartu BPJS Kesehatan gratis, honor sebagai penjaga makam sebesar Rp 300 ribu pertahun juga turut dinaikan menjadi empat kali lipat oleh Walikota Tegal, Siti Masitha soeparno.

Empat orang yang beruntung tersebut mewakili rekan-rekan mereka sesama penjaga makam se Kota Tegal yang dapat kejutan perhatian dari Walikota di ujung tahun 2016.
"Orang-orang ini layak mendapatkan perhatian kesejahteraan agar dalam melakukan pengabdianya selalu terlindungi. Termasuk nantinya mereka lebih meningkatkan dedikasinya sebagai penjaga makam yang selalu menjaga keindahan dan keasrian makam yang ada di Kota Tegal," papar Walikota saat memberikan apresiasi secara simbolis di Pendopo Kota, Sabtu (31/12/16).
Dalam kesempatan tersebut BBJS Kesehatan cabang Kota Tegal juga memberikan kartu yang sama kepada empat perwakilan petugas penyapu jalan, Ruminah, Daimah, Laelatunisa dan Budi Triayanto.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pemukiman dan Tata Ruang, Nunik Pratiwi mengatakan, kegiatan ini sudah sejalan dengan dasar Peraturan Walikota Tegal No. 31 tahun 2015 dan DPA Perubahan Diskimtaru Kota Tegal Tahun Anggaran 2016.

Dijelaskan Nunik, Jumlah penerimaan untuk kartu BPJS sebanyak 244 orang tenaga swakeloladan tenaga kontrak kebersihan dan pertamanan. Yang sudah memiliki kartu untuk KIS/APBN sebanyak 57 orang, Jamkesda 44 orang dan yang diusulkan BPJS Kesehatan sebanyak 143 orang.
"Dari yang diusulkan, kartu yang sudah tercetak sejumlah untuk 126 orang dan 17 kartu sisanya masih dalam proses pengajuan," ungkapnya.
Saat ini, lanjut Nunik, mereka baru diberikan kartu BPJS Kesehatan, selanjutnya untuk tahun 2017 mereka nantinya akan menerima BPJS Ketenagakerjaan sehingga segala resiko pada saat bekerja lebih terjamin.

Nunik menambahkan, Tenaga penjaga makam se Kota Tegal berjumlah 108 orang dengan besar nominal bantuan perorang mencapai Rp 25 ribu perbulan atau Rp 300 ribu pertahun, namun karena permintaan Walikota, untuk tahun 2017 honor penjaga makam naik menjadi empat kali lipat.
"Mulai bulan Januari tahun 2017, honor mereka menjadi Rp. 100.000 perbulan atau setahun menjadi Rp. 1.2 juta," tuntasnya.

Post a Comment Blogger

  1. Ternyata setelah dikali empat. Honor penjaga makam masih terhitung kecil. Semoga BPJS mereka bs dioptimalkan dan gaji lebih dinaikkan.

    ReplyDelete

 
Top