0 Comment
Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono dalam siaran pers akhir tahun 2016 yang digelar di Aula Mapolres Batang, Sabtu (31/12/16), mengatakan, untuk kejahatan jenis pencurian dengan pemberatan (Curat) selama tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 12 persen.
"Angka tersebut lebih tinggi dari tahun 2015 sebanyak 47 kasus. Sedangkan tahun 2016 menjadi 53 kasus," ungkap Juli Agung membacakan laporannya.
Kendati demikian, kata Juli, objek dari curat itu sendiri kebanyakan masih berupa kendaraan bermotor.
"Jadi saya menghimbau jangan pernah percaya kepada orang-orang yang kita kenal meski di lingkungan sendiri," himbau Juli.
Mengambil motor itu, sambung Juli, tak membutuhkan waktu banyak, tak lebih dari lima menit motor bisa berpindah tangan.
Untuk itu diberbagai kesempatan dirinya selalu berpesan untuk tidak memberi peluang orang lain berbuat kejahatan, meskipun itu di rumah sendiri.
"Usahakan motor dikunci setang dan selalu menaruh motor di tempat yang aman," tuturnya.
Juli meneruskan, pola-pola kejahatan curat seperti itu hampir terjadi di mana-mana. Sebagian besar karena faktor adanya kesempatan dan kelengahan atau kecerobohan kita sendiri.
Selain itu, jangan pernah menaruh STNK di bawah jok. Sebab itu akan lebih menguntungkan pelaku kejahatan menyamarkan aksi kejahatannya.
"Saya berharap, sudah tidak ada lagi masyarakat yang menyimpan STNK atau surat penting lainnya di bawah jok motor," ucapnya.
Juli berujar, tidak akan pernah bertemu niat jahat dengan kesempatan kalau kesempatan itu sendiri tak pernah muncul.
"Yang terjadi sekarang, hanya karena ingin pamer atau terlihat gaul, Banyak kaum wanita terutama remaja putri yang nyantolin tas disamping pundak. Padahal itu bisa mengundang kejahatan karena memang kesempatan terbuka dari perilaku kita sendiri," paparnya.
Kejahatan curas seperti jambret meningkat, untuk itu saya himbau juga kalau membawa tas hendaknya disilangkan ke tubuh. 
"Semisal ditaruh di motor, usahakan posisinya menyilang ke setang agar tidak mudah dijangkau pelaku kejahatan," ujar Juli.

Post a Comment Blogger

 
Top