googlesyndication.com

1 Comment
Teliti Kebakaran Dua Kapal Di Pekalongan Utara, Puslabfor Mabes Polri Ungakapkan Ini
Tim Puslabfor Mabes Polri Cabang Semarang melakukan olah TKP di Galangan Kapal Bina Harapan di gang Tongkol, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan
Kota Pekalongan
Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Semarang melakukan pemeriksaan Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran yang menghanguskan dua kapal di Galangan Kapal Kayu Bina Harapan (BH) Kota Pekalongan, Selasa (15/11/16).

Kedatangan tim Puslabfor Mabes Polri ke Galangan Kapal BH di gang Tongkol, Kecamatan Pekalongan Utara tersebut untuk melakukan olah TKP sekaligus memenuhi permintaan penyidik Polres Pekalongan Kota untuk mengungkap penyebab kebakaran. 

Menurut Ketua Tim Puslabfor Mabes Polri Cabang Semarang, AKBP Teguh Prihmono mengatakan, kami akan mencari lokasi sumber api kemudian menentukan penyebab kebakaran.
"Setelah nanti diketahui sumber api, baru kita akan mencari penyebab kebakaran," ungkap Teguh. 
Teguh menjelaskan, dalam teori mencari sumber api, kita perlu membaca arah rambatan api dan mencari titik terparah dari sumber api. Sebab disitu pasti terjadi pemanasan yang tinggi dan relatif lebih lama.

Sebagai patokan sumber api, kata Teguh, tentunya kita akan pelajari apakah ada peristiwa elektrik, kimia, atau bio kimia hingga menyebabkan timbulnya api sebelum terjadi kebakaran.
"Selanjutnya kita juga akan cermati apakah ada akibat lainya seperti kejadian alam seperti sambaran petir atau bahkan ada open flame atau api terbuka," jelasnya.
Intinya dalam sebuah kebakaran, lanjut Teguh, akan dicari tahu dulu titik sumber panas yang nantinya akan menuntuk kearah titik timbulnya api.

Dikatakan Teguh, Dalam sebuah kebakaran dikenal teori Triangle Efidens. Api timbul karena ada panas, ada oksigen dan bahan yang mudah terbakar. Selanjutnya apapun itu peristiwanya. Itu yang akan kita periksa.

Kesimpulan semetara, terang Teguh, lokasi kebakaran sudah kita ketahui berasal dari belakang kapal bagian bawah disisi selatan. Kita fokuskan kesitu.
"Kita semua ambil barang bukti yang berhubungan dengan teori yang sudah disebutkan tadi lalu kita akan dalami sebelum kita ungkapkan hasilnya," pungkasnya.

Post a Comment

 
Top