googlesyndication.com

2 Comment
Kantor Bea dan Cukai Pekalongan
Kota Pekalongan
Modus penipuan melalui layanan jual beli online dengan mengatas namakan lembaga kepabeanan di Kota Pekalongan akhir-akhir ini kian marak. Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Pekalongan hingga bulan Oktober tahun 2016 mendapati 6 kasus penipuan jual beli online yang mengatas namakan Kantor Bea dan Cukai. 

Kasubag Kepatuhan Internal Kantor Bea Cukai Pekalongan, Supriono melalui Kasubsi Pelayanan Dwi Wahyu Handoko mengatakan, dari 6 kasus penipuan tersebut, satu kasus diantaranya menimbulkan kerugian hingga Rp 4 juta. Sedang 5 kasus sisanya tidak sampai menimbulkan kerugian karena keburu terungkap.

"Itu terjadi di tahun 2016, Namun untuk tahun 2015 kita tidak temukan. Jadi mulai jadi tren baru-baru ini saja," ungkap Dwi saat ditemui, Jum'at (28/10/16).

Dari beberapa kasus yang terjadi, kata Dwi, biasanya lebih banyak didominasi oleh ketidak tahuan dan ketidak cermatan korbanya.

Hanya saja, lanjut Dwi, para korban ini sempat melakukan konfirmasi dengan kami, sehingga tidak sampai menjurus atau menimbulkan kerugian uang.
"Saya hanya menegaskan, Kantor Pelayanan Pengawasan Bea dan Cukai tidak pernah menerima pembayaran melalui rekening. Kalaupun ada pembayaran hanya melalui bukti billing," tegasnya.

Dwi menyebut, sistem billing sudah ter-input datanya dan sudah ter-integrasi dengan lembaga terkait seperti, kantor pajak, bank bahkan ke Kementrian. Untuk menghindari penipuan yang sama, Dwi menyarankan sebaiknya melakukan konfirmasi terlebih dahulu.



Kasubag Kepatuhan Internal, Supriono menambahkan, untuk memastikan itu asli atau penipuan bisa dicek bersama di komputer kami.

"Jelasnya kalau Kantor Bea Cukai tidak pernah menerima pembayaran lewat rekening ke oknum tertentu. Tapi melalui bukti billing yang terkonfirmasi," terang Supriono.
Mengantisipasi hal tersebut menurut Supriono, pihaknya sudah melakukan berbagai sosialisasi ke masyarakat langsung.
"Kita juga ada nomor hotline yang bisa dihubungi melalui bravo beacukai 1500225 gratis," ucapnya.

Post a Comment

 
Top