Fokus Tingkatkan Kompetensi SMK Baitussalam Jalin Kerjasama Dengan BPK RI

October 22, 2016

Pekalongan News
Kepala sekolah SMK Baitussalam Kota Pekalongan memberikan cinderamata kepada Kepala Sekretariat BPK RI Propinsi Jawa Tengah, Novie Irawati usai penandatanganan kerjasama di bidang pendidikan
Kota Pekalongan
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Baitussalam Kota Pekalongan sedang menjajaki kerjasama di bidang pendidikan dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Provinsi Jawa Tengah di Semarang. Kepala SMK Baitussalam Kota Pekalongan, Prasetyo Ani Pujiastuti menyampaikan hal tersebut, kamis (20/10/15).

Menurut Ani, rencana SMK Baitussalam menjalin kerjasama di bidang pendidikan dengan BPK RI merupakan suatu prestasi tersendiri dan hal tersebut akan menambah kemampuan siswa-siswi SMK Baitussalam tidak saja diakui secara lokal tapi sudah regional untuk menyiapkan SDM yang unggul.
Dikatakan Ani, selama ini kerjasama dibidang pendidikan berupa Praktik Kerja Lapangan (PKL) sudah banyak dilakukan seperti PT Taspen Pekalongan, Bank Indonesia Perwakilan Semarang, BMT se-Kota Pekalongan dan beberapa perusahaan besar di sekitar Pekalongan.
"Namun kali ini kami patut berbangga karena mendapat kesempatan dan kepercayaan bekerjasama dengan lembaga penting negara BPK RI Provinsi Jawa Tengah yang berkedudukan di Semarang," ucap Ani.
Kepala Sekretariat BPK RI Jawa Tengah, Novie Irawati mengatakan, selama ini pihaknya memang menjalin kerjasama dengan beberapa sekolah di Semarang untuk melakukan PKL, dan kami juga memberikan kesempatan yang sama kepada SMK Baitussalam Kota Pekalongan untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan melalui kegiatan PKL.
Novie menjelaskan, magang di BPK RI berbeda dengan sekolah yang harus memperdalam ilmu sesuai jurusan. Kalau di sini peserta magang di tuntut untuk bisa menyesuaikan tempat yang tersedia.
"Siswa akan diberikan gambaran umum mengenai core bussines BPK RI dan siswa akan diperlihatkan bagaimana dunia kerja sesungguhnya. Sebab untuk bidang tertentu sudah terprogram secara sistem sesuai dengan regulasi," ungkap Novie.
Salah satu kegiatan yg rutin dilaksanakan oleh BPK RI adalah goes to school. Kegiatan goes to school memberikan pembelajaran langsung ke sekolah SMA/SMK dan dimungkinkan salah satu tujuan goes to school adalah SMK Baitussalam di Kota Pekalongan, hal tersebut menegaskan komitmen BPK RI untuk menyiapkan kemampuan SDM yang cukup bagi siswa untuk bisa bersaing dalam dunia usaha yang sesungguhnya.
Selain menjalin kerjasama dengan BPK RI, SMK Baitussalam juga menandatangani MoU dengan salah satu perusahaan BUMN farmasi raksasa PT Phapros Tbk. MoU ditandatangani oleh Manager SDM, Hadiri, sementara dari pihak sekolah ditandatangani oleh Kepala sekolah SMK Baitussalam Kota Pekalongan Prsetya Ani Pujiastuti.
"Kami secara prinsip siap menerima kerjasama dalam bentuk magang karena memang perusahaan mempunyai kebijakan tersebut," terang Hadiri.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Baitussalam Kota Pekalongan menjelaskan, setelah melakukan pembenahan dan perubahan struktur di internal yayasan Baitussalam, pihaknya memang sengaja bergerak cepat dan bekerja lebih keras dalam memajukan sekolah.
"Kedepan banyak kerjasama yang akan dilakukan, pihaknya telah mendapat lampu hijau dari sebuah kementrian, BUMN dan swasta nasional untuk kerjasama yang berbeda. Harapannya SMK Baitussalam yang sekarang akan lebih diperhitungkan dalam kesiapan SDM yang lebih kompetitif dan unggul di Kota Pekalongan," tuntasnya.

Share this

Related Posts