1 Comment
Pekalongan News
Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo secara simbolis menyerahkan rompi relawan kepada perwakilan pedagang sayur keliling se Kabupaten Batang 
Kabupaten Batang
Sebanyak 750 pedagang sayur keliling di Kabupaten Batang di rekrut dan dipersiapkan sebagai relawan untuk mensosialisasikan Pemilukada serentak 2017. Ratusan pedagang sayur keliling tersebut mendapat pembekalan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Rabu (28/9/16).

Selain mendapatkan pembekalan sosialisasi, ratusan pedagang sayur keliling tersebut juga diberikan Rompi khusus relawan berwarna orange dari KPU Batang.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan, para pedagang sayur keliling di Kabupaten Batang jumlahnya ribuan. Mereka bisa menjadi agent sosialisasi Pilkada karena banyak berinteraksi langsung dengan masyarakat di banyak tempat.
"Nantinya, baik secara langsung maupun tidak langsung mereka bisa mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pilkada nanti. Sebab mereka punya banyak kesempatan," ujar Joko.
Para relawan ini, lanjut joko dibekali kemampuan untuk bisa menyebarkan nilai-nilai berdemokrasi di tengah masyarakat.

Joko juga mengapresiasi langkah KPU Batang yang memiliki trobosan unik dalam mensoaialisasikan Pilkada untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.
"Ini menjadi salah satu tujuan kita dari 4 poin penting yang sedang kita dorong dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, mengembangkan disentralisasi dengan memberikan akses politik yang luas kepada masyarakat agar bisa ikut terlibat pengambilan  keputusan dalam memilih pemimpin daerah yang baik bagi mereka," jelas Joko.
Tidak hanya itu, sambung Joko, mereka bisa mengembangkan nilai-nilai keterwakilan mereka di daerah.

"Hal ini nantinya akan mendorong masyarakat semua untuk berpartisipasi politik tidak hanya pada saat pesta demokrasi saja," terang Joko.

Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto menambahi bahwa kesadaran masyarakat Kabupaten Batang dalam berdemokrasi cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan tingkat partisipasi dalam Pemilu sebelumnya yang mencapai 75 persen.

"Untuk Pemilukada serentak ini tingkat partisipasi mereka diprediksi akan naik lebih dari 75 persen," ucap Adi.

Post a Comment Blogger

 
Top