googlesyndication.com

0 Comment
Aplikasi Pengendali Banjir Menangkan Iqbal Dan Rio Di Ajang Kreanova
Plakat kemenangan karya Iqbal dan Rio
Kota Tegal
Panitia Lomba Kreativitas dan Kreasi (Krenova) tingkat Kota Tegal, mengukuhkan Iqbal Nurul Hidayat dan Rio Ardiansyah menjadi juara I katagori pelajar dan umum. Iqbal dan Rio diganjar jadi pemenang I setelah hasil karyanya berupa alat pendeteksi banjir mampu meyakinkan para juri lomba.

Selain Iqbal dan Rio, penghargaan yang sama juga diberikan kepada Irawan Pudja Harjana yang membuat aplikasi pengendali listrik melalui Short Massage Service (SMS).

Menurut Irawan, hasil penemuanya merupakan pengembangan dari alat pengendali yang sebelumnya menggunakan remot controle.
"Kalau menggunakan remot controle sangat terbatas penggunaanya karena terbentur jarak. Akan tetapi bila menggunakan aplikasi sms, tidak bergantung jarak, dimanapun bisa. Bahkan dari luar negeri pun bisa asal pesan yang terkirim ke server bisa terbaca," ungkap Irawan yang membeberkan kelebihan alat temuanya.
Berkat hasil penemuanya, kini Irawan diminta Balitbang Provinsi untuk mempresentasikan karyanya. Sedangkan panitia lomba telah mengumpulkan 20 proposal karya untuk dipilih sebagai nominator untuk maju ke tingkat Propinsi.

Sedangkan alat pengendali banjir karya Iqbal dan Rio mendapat apresiasi dari Walikota Tegal. Kedua pelajar SMK YTP tersebut menerima penghargaan dalam Upacara Harkitnas di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Kota Tegal Jum'at (20/5/16).
"Alat ini sangat bermanfaat untuk menginformasikan potensi terjadinya bencana banjir sejak dini. Karena kemanfaatanya yang tinggi, saya sangat mendukung untuk dilakukan Paten. Agar diakui sebagai kekayaan intelektual," Sebut Walikota.

Post a Comment

 
Top