0 Comment
Pasca Banjir, TNI Dan Masyarakat Bebaskan Sungai Bumirejo Dari Sampah Dan Enceng Gondok
Sejumlah anggota TNI dan warga tampak membersihkan sungai Bumirejo dari sampah dan enceng gondok yang menumbat aliran air
Kota Pekalongan
Sejumlah anggota TNI dari Kodim 0710/Pekalongan, Angkatan laut Lanal Tegal, Brimob, Polres Pekalongan Kota, karang taruna setempat, pelajar dan warga masyarakat secara beramai-ramai membersihkan sungai Bumirejo di Kelurahan Pringrejo, kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jumat (11/3/16) pagi.

Danramil 01/Pekalongan Barat, Kapten Sidik yang memimpin anggotanya menyampaikan, kondisi sungai Bumirejo memprihatinkan. Seluruh permukaan sungai tertutup tanaman enceng gondok. Sampah yang dibuang langsung ke sungai menghambat aliran air.
"Akibatnya setiap hujan turun, air sungai meluap dan menggenangi perkampungan yang ada di hulu. Belum lagi luapan air sungai masuk ke persawahan, hingga petani kesulitan menggarap sawah," ujarnya.
Sungai Bumirejo di Kelurahan Jenggot sering dilakukan aksi pembersihan enceng gondok dan sampah, akan tetapi memang kesadaran warga untuk merawat sungai sangat kurang. Hingga dengan cepat enceng gondok tumbuh kembali dan sampah selalu menumpuk di bantaran maupun sengaja dihanyut kan ke aliran sungai.
"Ini memerlukan tindakan bersama, peran pemerintah untuk mengeruk sungai amat diperlukan. Karena sungai sudah mengalami pendangkalan," terang Sidik.
Sementara itu Walikota Pekalongan yang datang melihat langsung kegiatan tersebut mengatakan, saat ini Pemkot sedang memetakan kondisi sungai di Kota Pekalongan yang tertutup enceng gondok. Nantinya sungai yang tersumbat enceng gondok akan dikeruk dan dibersihkan.
"Pemerintah akan melibatkan masyarakat dalam penangananya melalui ' Brayan Ngresiki Kali '" ungkap Alex, sapaan akrab Walikota.

Post a Comment Blogger

 
Top