googlesyndication.com

0 Comment
Ganjar Akan Bantu Pembuatan Polder Untuk Tangani Rob
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berjanji akan bantu warga untuk membuat polder penampung luapan air rob di wilayah yang terdampak rob

Kota Pekalongan
Datang ke loksai banjir rob di kelurahan Pasirsari dan Kelurahan Pabean, Kota Pekalongan, Kamis (4/2/16) Ganjar kaget. Ternyata banyak sawah di sana tidak bisa lagi difungsikan karena berubah jadi genangan air yang luas.
"Serius, tak ewangi. Itu kita keruk sekalian, kita buat untuk embung. Kita kerjakan secara parsial, kita harus kerjakan dengan solusi kompresif," kata Ganjar dihadapan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Pekalongan, Marsudi, saat melihat kondisi bekas sawah yang jadi genangan air.
Menurut Ganjar, pembuangan air rob yang ada di dua kelurahan tersebut tidak ada, sehingga air tidak bisa keluar.
"Ini kita ambil saja, kita jadikan embung. Jadi semua air rob yang menggenang kita masukan kesitu semua," ujar Ganjar.
Kepada Gubernur, Marshudi mengaku telah memiliki Detail Eginering Design (DED) untuk pembangunan polder sejak 2012 yang lalu, akan tetapi pihaknya tidak memiliki anggaran.
"Kita sudah punya DED pak, tapi belum bisa dikerjakan karena tidak punya anggaran," keluh Marshudi.
Kepada warga, Ganjar berjanji akan membantu pembangunan polder kalau masterplan dan hitung-hitungan sudah jelas antara Pemerintah Kota Pekalongan, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dan Pemerintah pusat saat nanti bisa duduk satu meja.
"Silahkan siapkan masterplanya. Siap atau tidak nanti Pak Alex diundang saja. nanti nyiapkannya seperti apa, mana yang akan ditangani. Nanti kalau tidak bisa serahkan ke saya," tutur Ganjar
Yang pasti, sambung Ganjar, harus ada kejelasan waktu pengerjaannya, mau selesai berapa lama.
"Apakah nanti kita selesaikan 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun atau 100 tahun, kan ngono..., jadi bila nanti minta ke pusat sudah ada kejelasan batas waktu pengerjaannya," terang Ganjar.
Dalam mengerjakan polder, Ganjar mengaku tidak semuanya bisa ia kerjakan sendiri, Pemprov akan minta dukungan ke Pusat.
"Nanti saya yang akan minta ke Pusat, tapi nanti dalam pengerjaannya kita terjun bareng," ujarnya.

Post a Comment

 
Top