googlesyndication.com

0 Comment
Ganti LPJU Dengan LED, Pemkab Batang Komitmen Hemat energi
Thomas K Dreesen mantan Presiden The National Association Of Energy Service Company (NAESCO)  USA, saat ditemui Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo dalam diskusi proyek penghematan energi untuk penyusunan standarisasi dan aturan  penggunaan energi hemat yang di fasilitasi Kementrian ESDM dengan pembiayaan Asian Development Bank (ADB)
Kabupaten Batang
Pemerintah Kabupaten Batang mendapatkan hibah  257 lampu LED dari Kementrian ESDM untuk penerangan jalan sepanjang pantura Batang dan Jalan Protokoler Kabupaten. Bantuan diberikan setelah upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Batang melakukan penghematan energi dengan mengganti seluruh lampu penerangan di Jalan utama melalui alokasi anggaran APBD 2015.

Selain hibah lampu LED, Pemkab juga diberi bantuan teknis dan kajian selama bulan Maret 2015 hingga bulan Mei 2016 guna mengetahui jumlah yang dihemat dan besaran anggaran untuk membayar tagihan energi yang telah terpakai.

Rencananya, lighting audit juga akan dihibahkan pula sebagai dasar pelelangan LPJU sebelum proses measurement and verivication.

"Kami siap, Kabupaten Batang dijadikan Pilot Project," ungkap Bupati Batang Yoyo Riyo sudibyo dalam pertemuanya dengan Thomas K Dreessen, ahli perencanaan keuangan dan penghematan energi internasional yang membantu proyek Kementrian ESDM dalam menyusun Konsep peraturan dan setandar bagi ESCO (Energy Service Company).

Sementara itu menurut Kepala BAPPEDA Kabupaten Batang, Sabino Suwondo menyampaikan, penghematan energi harus dilakukan mengingat ketersediaan energi sangat terbatas.

"Jika ini bisa dilakukan, maka energi hasil penghematan dapat digunakan untuk yang lain," jelasnya. Lebih jauh sabino mengatakan, pemerintah kabupaten Batang sangat mendukung adanya kerjasama tersebut, baik dengan Kementrian ESDM maupun dengan pihak lain.


"Semoga upaya ini dapat membawa hasil," ucapnya singkat. Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Batang dijadikan Pilot Project dalam penyusunan standarisasi dan aturan penggunaan energi yang lebih hemat. Proyek tersebut dibiayai oleh Bank Pembangunan Asia melalui Kementrian ESDM.

Post a Comment

 
Top