googlesyndication.com

1 Comment
PLTM Lambur Selesai 2017

Peletakan batu pertama oleh Bupati Pekalongan Amat Antono menandai dimulainya pembangunan PLTM  di Desa Lambur, Kecamatan kandang Serang, Kabupaten Pekalongan, Rabu (21/10/15)

Kabupaten Pekalongan
Bupati Pekalongan Amat Antono melakukan kick off peletakan batu pertama Proyek Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di Desa Lambur, Kecamatan Kandang Serang Kabupaten Pekalongan, Rabu (21/10/15).

Direncanakan PLTM Lambur akan selesai dibangun pada tahun 2017 sesuai target awal dan pembangunan fisiknya akan dimulai pada pertengahan Novem ber 2015.
"Dalam dua tahun ini PLTM Lambur ditargetkan selesai," Ucap Antono di dampingi Plt Dirut PT Indonesia Power, Antonius RT Artono saat meletakan batu pertama di lokasi.
Disebutkan, dengan Kapasitas terpasang 8 Megawatt, PLTM Lambur dioperasikan oleh empat mesin dengan masing-masing mesin berkapasitas 2 MW nantinya akan membantu tambahan suplay daya listrik PLN pada jaringan 20 KVA di Wilayah Pekalongan dan sekitarnya.

Selain itu menurut Antonius, dalam waktu yang tak lama lagi pihkanya juga akan membangun kembali PLTM Harjosari di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Kandang Serang dengan kapasitas terpasang 9,9 MW.
"Untuk PLTM Harjosari akan dioperasikan dengan 3 mesin, masing-masing mesin berkapasitas 3,3 MW. Kebetulan lokasinya tidak terlalu jauh dari sini," ungkapnya.
Dijelaskan, total lahan untuk kebutuhan pembangunan kedua PLTM tersebut mencapai 11 hektar. Dan total anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan dua PLTM mencapai Rp 405 Miliar.

PLTM Lambur Selesai 2017
Bupati Pekalongan melakukan ground breaking tanda dimulainya pembangunan PLTM Lambur di Desa Lambur, Kecamatan Kandang Serang, Kabupaten Pekalongan, Rabu (21/10/15)
"PLTM Harjosari akan segera digarap, saat ini prosesnya masih perijinan. Pelaksanaan pembangunan proyek kedua PLTM tersebut dikerjakan oleh PT Hutama Karya milik Pemerintah," terangnya.
Dirinya berharap, dengan dibangunaya kedua PLTM tersebut dapat menumbuh kan simpul ekonomi baru di masyarakat serta dapat turut memajukan pemba ngunan di wilayah Pekalongan dan Jawa Tengah.
"Apresiasi untuk Pemkab Pekalongan, selama ini kita telah terbantu dan sangat kooperatif. Jadi jangan takut investor datang, seperti halnya pak Bupati ini, sebab semua demi kemajuan bersama," tuturnya.
Di tempat yang sama, Bupati Pekalongan Amat Antono menyampaikan, pemba ngunan tersebut terlaksana karena ada dukungan dari masyarakat dan PT Indonesia Power. Dia meminta investor dan ternyata masyarakat sunguh-sungguh mendukung pembangunan PLTM wilayahnya.

Antono juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkunganya. Sebab keberadaan PLTM dalam beroprasi sangat bergantung kepada debit air yang ada.
"Kalau air tidak tersedia maka PLTM Lambur tidak akan jalan jadi peran serta masyarakat menjaga lingkungan sekitar sangat penting, jadi saya titip supaya sumber air yang ada dijaga jangan sampai rusak," ujarnya.
Dirinya mengharapkan adanya PLTM dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab dari informasi yang terdengar, Indonesia akan mengalami krisis listrik pada tahun 2017.
"Indonesia bisa saja gelap pada saat itu kalau tidak didukung. Kendati PLTM ini kapasitasnya kecil, tapi sangat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga ini semua bisa berman faat untuk rakyat dalam meningkatkan pendidikan dan ekonomi," tuntasnya.

Post a Comment

 
Top