googlesyndication.com

3 Comment
Hutan Rogoselo Terbakar, 3 Hektar Pohon Karet Ludes
Tiga hektar luasan lahan karet milik PTPN IX Blimbing masuk wilayah Dukuh Sorosido, Desa Rogoselo terbakar, kemarin malam
Kabupaten Pekalongan
Kebakaran hutan melanda perkebunan karet milik PTPN IX Blimbing yang terletak di Dukuh Sorosido, Desa Rogoselo, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan Kemarin malam.

Menurut salah seorang perangkat Desa setempat, Ragil Darsanto, kebakaran diketahui terjadi pada kamis malam.
"Saya tahu setelah dikabari Pak Kades sekitar pukul 19.30 WIB. Kalau ada kebakaran hutan karet blok 91 yang masuk wilayah Dukuh Sorosido. Setelah kami cek ternyata benar," ungkap Ragil.
Setelah dipastikan posisinya, dirinya bersama warga langsung melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Berkat kerja keras warga akhirnya api dapat dipadamkam.
"Kami juga dibantu pihak PTPN, TNI, Polri dan BPBD dalam melaku kan pemadaman,"terangnya.
Kepala BPBD Kabupaten Pekalongan, Bambang Sudjatmiko ketika di hubungi mengiyakan adanya kebakaran tersebut. Bahkan malam itu juga pihaknya langsung ke lokasi setelah sebelumnya menghubungi pemadam kebakaran terlebih dahulu.
"Sementara kami belum tahu penyebab kebakaran. Mungkin ada yang membakar daun sebelumnya, tapi tidak ada pembukaan lahan karena pohon karet masih kecil-kecil," jelasnya.
Diketahui, kebakaran akibat kemarau panjang sudah dua kali terjadi dalam satu bulan ini. Selain di Rogoselo juga terjadi hal yang sama sebelumnya di Petungkriyono.
"Penyebabnya juga belum kami ketahui, mungkin terik matahari terlalu panas hingga mampu membakar tanaman yang telah menge ring," tuturnya.
Dikatakan, kebakaran hutan di blok 91 Dukuh Desa Rogoselo terpapar seluas tiga hektar lebih. sedangkan yang di Petungkri yono dirinya belum mengetahui.

Post a Comment

 
Top