0 Comment

Kodim 0710/Pekalongan Kenalkan Varietas Unggul, Diklaim Mampu Tingkatkan Hasil 15 Persen Lebih Tinggi
penyuluhan varietas bagi petani lokal
Kabupaten Pekalongan 
Demi meningkaatkan hasil padi petani di Kabupaten Pekalongan , Dinas Perta nian Perkebunan Kehutanan Kabupaten Pekalangan bekersama sama dengan BPTP Propinsi Jawa Tengah melaksanakan Display Varietas unggul  di 3 Kecamatan antara lain Kecamatan Bojong, Kesesi dan Kecamatan Sragi. Rabu (10/6/15)

Kegiatan Display Varietas bekerjasama dengan Kodim 0710/Pekalongan untuk mendukung Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) dan dari hasil display itu akan dijadikan bahan bagi penyuluh pertanian, yang akan disampaikan kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani se-Kabu paten Pekalongan.

Penyuluh pertanian, fasilisator,motivator dan inovator teknologi program pembangunan pertanian, Ir joko menyampaikan,  pengenalan teknologi kepada para petani melalui metode penyuluhan akan lebih memudahkan petani menguasai teknik pertanian berbasis teknologi tersebut.

" Sebab ada beberapa komponen teknologi yang digunakan dalam mening katkan produksi beras, penggunaan varietas unggul Inpari 31,32 dan Inpari 33 merupakan salah satu teknologi yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian," paparnya.

Sementara Pasi Ter Kodim 0710/Pekalongan Kapten Inf M Krisnawan menam bahkan bahwa varietas yang digunakan pada display saat ini merupakan titik awal pencapain hasil padi, yang selama ini diharapkan para petani, 

" Display varitas tersebut untuk menguji yang cocok varietas baru segaligus pembelajaran jajar legowo, pupuk berimbang aplikasi penggunaan caplak alat bantu tanam, tanam bibit muda 21 hari. Tanam 1 sampai 3 bibit perlobang. Inpari 31,32,33," jelasnya.

Keuntungan dengan menggunakan sistem tanam jajar legowo, lanjutnya, menyebabkan populasi tanaman mampu meningkat hasil lebih tinggi sampai dengan 15% (efek tanaman pinggir). 

Sedang Pengendalian hama, penyakit, gulma tambahnya, akan lebih lebih mudah apalagi penggu naan pupuk akan  lebih berdaya guna potensi untuk mina padi. 

" Dan saya sampaikan kepada para petani, bahwa kami Kodim 0710/Pekalongan mempunyai Babinsa saya minta masyarakat bekerjasama jika ada kesulitan dilapangan sampaikan kepada para Babinsa dan para penyuluh, jika ada babinsa tidak berada di lapangan sampaikan kepada kami,"  tutupnya.

Post a Comment Blogger

 
Top