0 Comment
Sedikitnya empat anak putus sekolah penerima pelatihan las listrik dari Forum Komunikasi Komunitas Maritim Pekalongan (FKKMP) yang bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLH) melalui Dinas Sosial mempunyai kualifikasi untuk masuk dalam bidang kerja pembuatan kapal baja di PT Barokah Marine milik pengusaha putra daerah Agus Triharsito. Hal tersebut terungkap dalam kegiatan penutupan pelatihan di gedung BLK lama Kota Pekalongan Jalan Slamet, kamis (28/5/15) siang tadi.

Kapolres Pekalongan kota AKBP Luthfie Sulistiawan selaku salah satu inisiator program pelatihan untuk anak putus sekolah dan pengangguran mengaku puas dengan terselesainya program pelatihan tahap awal tersebut,

" Dari hasil evaluasi cukup bagus karena ada 80 persen peserta mempunyai persyaratan untuk masuk kedalam kualifikasi siap kerja di perusahaan galangan kapal baja," ungkapnya.

Dan bagi yang belum bisa diterima, lanjutnya, harapanya bisa secara mandiri membuka usaha karena sudah diberikan modal dan peralatan oleh Pemerintah Kota

" Mudah-mudahan apa yang sudah diupayakan oleh FKKMP bisa memberikan kontribusi mengurangi pengangguran di Kota Pekalongan," ujarnya.

Luthfie menambahkan, pihaknya masih akan melakukan evaluasi kalau kaitanya dengan polri.

" Kita evaluasi dengan turunya angka kriminalitas yang mau tidak mau ada pengaruhnya dengan pengangguran," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Wahyudi Pontjo Nugroho mengatakan pihaknya mengaku gembira karena program kerja sama dengan FKMP bisa berjalan dengan baik,

" Kita sudah berikan pelatihan pada beberapa bidang selama 30 hari dan hasilnya cukup bagus hingga mudah mudahan kerja sama ini bisa beerlanjut," terangnya.

Lebih jauh Pontjo menjelaskan, kendati nantinya ada beberapa yang sudah diterima kerja di PT Barokah Marine namun tetap akan diberikan permodalan dan peralatan untuk yang pelatihan las listrik, demikian juga berlaku dengan lainya.

" Ada tiga jurusan, masing-masing ada 16 orang dan total 48 orang yang nantinya akan menerima bantuan modal dan peralatan dari Pemerintah Kota yang semoga saja bisa bermanfaat untuk bisa membantu secara mandiri membuka usaha sendiri sukur-sukur biasa membuka lapangan pekerjaan baru," tandasnya.

Di tempat terpisah Direktur PT Barokah Marine membenarkan kalau dirinya siap menampung 4 orang anak hasil dari penjaringan peserta pelatihan las listrik di BLK.

" Semua peserta sudah menyelesaikan magang di tempat kami, dari proses pelatihan hingga magang ada 4 anak masuk kualifikasi dan sesuai dengan program kami sudah siapkan tempat untuk berkontribusi di sini," jelasnya.

Post a Comment Blogger

 
Top