googlesyndication.com

1 Comment
Tekhnopark Ditarget Tahun Ini Selesai
lahan seluas 2 ha telah disiapkan untuk pembangunan kawasan tekhnopark
Kota Pekalongan
Ditargetkan tahun ini Pemerintah akan membangun 20 dari 100 kawasan pengembangan tekhnologi dan inovasi (tekhnopark), dari 20 yang ditargetkan selesai tahun ini, 8 diantaranya diberikan kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) dan dari 8 Kota tersebut Kota Pekalongan masuk diproyeksikan menjadi kawasan tekhnopark di bidang perikanan dan kelautan.

" BBPT ingin agar tahun ini kita sudah eksyen dan pada tahun ini juga ada hasilnya, maka dibuat 12 Mou sekaligus macam-macam SKPD dengan macam-macam lembaga yang ada di bawah BPPT dan saya  mesti mengkoordinir, jadi misalnya ada Mou tepat di BPPT." kata Walikota Pekalongan HM Basyir Ahmad ketika ditemu diru ang kerjanya, Selasa (14/4/15).

Basyir menyampaikan, telah membeli lahan tirta raya mina seluas 2 ha sebagai sentranya dan akan diperluas hingga sampai 5 ha sesuai permintaan BPPT.

Alat kelengkapan untuk mewujudkan tekhnopark Basyir mengaku belum menerbitkan peraturan walikota sebagai landasan hukumnya.

" karena perwalnya belum ada nanti kita akan buat perwalnya, nanti kita akan evaluasi mana-mana yang belum ada ijinya." katanya lagi.

Menurut Basyir, Karena di dalam tekhnopark nanti ada beberapa jenis usaha perikanan, seperti perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan ikan, bahan baku ikan dan macam-macam lainya, termasuk usaha tambak.

" orang-orang yang bermain disitu nanti yang belum ada ijinya akan kita tawari dan bantu perijinanya." kata Dia.

Karena khusus perikanan, lanjut Basyir, maka konsentrasinya akan lebih ke dunia perikanan termasuk didalamnya tambak karena kebijakanya ada yang menyentuh perluasan tambak dan akan melibatkan lebih banyak swasta.

Basyir juga menyinggung lahan yang Ia beli seluas 2 ha akan ditata bersama BPPT menjadi tempat cool storage, pasar ikan dan pengemasan serta unit pengepakan produk perikanan.

" ini saya koordinir, bulan ini harus jelas semua mau berbuat apa, targetnya apa
 dan kalau sulit ajak BPPT untuk bersama menata." jelasnya.

Dikatakan Basyir, BPPT mengharapkan Tekhnopark pekalongan harus sukses jangan sampai tidak sukses hingga dirinya memutuskan membuat langkah sampai bulan oktober sudah ada hasil yang nyata.

" meskipun kita masih punya waktu hingga desember nanti, kita akan mainkan hingga benar-benar desember sudah ada hasilnya," katanya lebih lanjut.

" Kita akan inventaris di Mou ada apa, uang 10 milyar buat apa nanti kita akan atur supaya semua bisa berjalan dengan baik." ucapnya.

Walikota turut memberikan informasi apa sih Tekhnopark itu, menurut penjabaran Walikota Tekhnopark adalah tempat mengembangkan bisnis atau usaha dengan bantuan tekhnologi.

Basyir mencontohkan, smisal ikan nila biasanya hidup di air tawar dengan rekayasa tekhnologi yang di kenal sebagai nilasalin, ikan nila yang semula hidup di air tawar bisa tahan hidup di air payau atau asin.

Basyir mencontohkan lagi, dulu tambak udang dengan sistem tradisional perhektar mampu menghasilkan panen 2 sampai 3 ton, sekarang dengan tekhnologi bisa menghasilkan panen udang vaname 10 ton per hektar.








Post a Comment

 
Top