0 Comment

PT Barokah Marine Diajak Wujudkan Pekalongan Menjadi Kota Maritim
Agus Triharsito beri pengarahan kepada rombongan
Kota Pekalongan 
Pelaku industri galangan kapal seperti halnya PT Barokah Marine yang akhir-akhir ini sedang mendapat banyak sorotan karena kiprahnya yang banyak mengharumkan nama Kota Pekalongan dengan produksi kapal bajanya diajak untuk mendukung dan menyukseskan kota Pekalongan di bidang kemaritiman. Hal tersebut sesuai dengan proyek Poros maritim yang dicanangkan Presiden Jokowi dan proyek Minapolitan Kota Pekalongan yang berkerjasama dengan Provinsi Jawa Tengah.

Untuk kepentingan tersebut  Rabu siang (11/3/15), Pemkot yang diwakili Wakil Walikota Pekalongan H Alf Arslan Junaid, langsung datang mengunjungi perusahan putra daerah galangan kapal PT Barokah Marine. Dirinya datang bersama rombongan untuk melihat secara langsung ke Kawasan Industri Slamaran Kecamatan Pekalongan Utara.

Wakil walikota mengungkapkan, pihaknya sengaja mendatangi langsung pengusaha galangan kapal tersebut untuk beberapa tujuan. Selain mengajak mendukung program Poros maritim dan tol laut tentunya dukung program Mina politan. 
“Kami ingin selain Pekalongan menjadi kota Batik, juga bisa tambah menjadi Kota Maritim, tentunya dengan dukungan pengusaha seperti Pak Agus Triharsito,” ujar Alex sapan akran Wawalkot.
Alex mengajak PT Barokah Marine langsung turut  dalam even promo Indrustri ekonomi Kreatif yang digelar pada tanggal 1 sampai 5 April mendatang dalam rangka HUT Kota Pekalongan ke 109. 
Agus didampingi Alex 
 “Kami berkeinginan bahwa dengan turut promo, bisa menunjukkan bahwa di Pekalongan juga memiliki perusahaan pembuat kapal baja yang berkualitas dan canggih seperti PT Barokah Marine ini,” ucap Alex.
Selain itu Alex juga melihat langsung proses pembuatan kapal baja galangan kapal tersebut, seperti kapal tongkang, kapal tunda, kapal ro-ro dan lainya. 
“Kita harus dukung putra daerah, Pak Agus ini orang hebat bisa memproduksi banyak kapal pesanan seperti kapal keruk, kapal tunda,kapal niaga, kapal penumpang,kapal tongkang, kapal ro-ro dan lain sebagainya,” ujarnya.
Terkait kota maritim, Alex menjelaskan Kota Pekalongan memiliki panjang pantai kurang lebih 9 KM. salah satunya Pantai Slamaran, yang akan dijadikan pusat bisnis, wisata dan industri. Pemkot sudah bekerja sama dengan Ancol Jakarta untuk mewujudkannya. 

“Jika jadi kota maritim, tentu semuanya akan turut berkembang dari wisata, kuliner, dan aneka usaha lainnya termasuk perkapalan seperti ini,” ujar Alex.

Ditambahkan PLTU batang juga sudah akan segera dibangun, diyakini  efek domino dari PLTU tersebut akan luar biasa. Termasuk ke Kota Pekalongan, sehingga segala macam industry akan berkembang terutama maritimnya. Untuk itu pula Pemkot menyarankan pengusaha juga didukung oleh perbankan atau koperasi di Pekalongan, agar usahanya semakin berkembang.

Sementara itu, pemilik usaha PT Barokah Marine Agus Triharsito menyampaikan terima kasih karena sudah didukung Pemkot. 
“Industri kapal melibatkan banyak industri lain, karena kita butuh bahan baku dan juga melibatkan banyak tenaga kerja. Dengan semakin maju indsutri lain dan masyarakat juga akan terangkat ekonominya,” ucap Agus.
Saat ini diungkapkan agus, selain buat kapal angkut barang atau niaga, juga buat kapal lain, seperti angkutan penumpang juga penangkap ikan. 
“Harapan kami tentunya sederhana, selain didukung juga dimudahkan ijin pengembangan. Saya rasa masih banyak lahan bisa dipakai untuk usaha, selain galangan kapal juga usaha maritim lainya. Sehingga harapan menjadi kota maritim mudah terwujud,” terangnya

Post a Comment Blogger

 
Top