0 Comment
Kota Pekalongan
Rombongan Tim Gowes Korem 071/Wijayakusuma dalam rangka Hari Juang Kartika ke-69 Tahun 2014 sampai di Kota Pekalongan, Senin (29/12) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Sebanyak 100 lebih pesepeda, terdiri dari anggota TNI dipimpin Danrem 071/WK Kolonel Inf Edison, bersama anggota Kodim 0710, anggota Polres Pekalongan Kota, serta instansi terkait dan elemen masyarakat, dengan tertib kemarin melintas di kota batik.

Rombongan tim gowes itu tiba di kota batik setelah menempuh perjalanan ratusan kilometer usai diberangkatkan dari Banyumas, Sabtu (27/12) lalu. Kota Pekalongan sendiri masuk dalam rute ke dua yang dilalui rombongan touring gowes Korem 071. Sebelumnya, mereka menempuh rute pertama yakni dari Banyumas-Cilacap dengan menempuh jarak 183 Km.

Sedangkan rute kedua, dari Cilacap melalui Majenang-Brebes-Tegal-Pemalang-Kabupaten Pekalongan-Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang. Di Kota Pekalongan, tim touring melintas di Jalan Gajahmada Barat, Jalan Gajahmada, Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, simpang lima Kadipolo, Jalan Salak, dan terus ke timur hingga sampai Pendopo Kabupaten Batang.

Secara total, dijadwalkan rombongan tim gowes akan menempuh jarak 445 km dengan rute mengelilingi 9 Kodim di wilayah jajaran Korem 071/WK selama lima hari dari 27-31 Desember 2014.

Danrem 071/WK Kolonel Inf Edison menjelaskan bahwa Touring Gowes diselenggarakan sebagai wahana silaturami dan mempererat sinergitas antar anggota baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah maupun masyarakat dan berbagai komunitas sepeda. Selain itu sebagai sarana olahraga yang murah dan terjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan ini, imbuh Danrem, sebagai sarana untuk menarik simpati masyarakat di wilayah jajaran Korem 071/WK, dengan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. "Sekaligus untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta untuk meningkatkan kemanunggalan TNI-rakyat," terangnya.

Ditambahkan bahwa tujuan tour gowes Korem 071 'Bersama Rakyat TNI Kuat' yang dirangkai dengan beragam kegiatan bhakti sosial ini adalah untuk meningkatkan semangat prajurit TNI dalam rangka peringatan Hari Juang Kartika Tahun 2014. "Juga memperkenalkan sepeda sebagai sarana dan alat transportasi yang baik dan ramah lingkungan. Hal tersebut guna mencegah global warming serta sebagai sarana memelihara kesehatan masyarakat," imbuh Danrem.

Sementara, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Riza Anom Putranto menambahkan, touring gowes tersebut juga menyosialisasikan semangat hemat energi dan mengurangi polusi. "Salah satu caranya adalah dengan menggelar sepeda santai. Kegiatan ini diisi pula dengan bhakti sosial untuk masyarakat yang kurang mampu," jelasnya.

Secara umum, kegiatan tersebut diikuti tim inti yang berjumlah 100 orang, terdiri dari Danrem dan jajarannya, Kasrem dan para Kasi Korem 071. Sesampainya di tiap kabupaten/kota yang dilalui, gowes diikuti pula oleh jajaran Kodim dan Polres setempat, bersama perwakilan masyarakat. "Untuk wilayah Kodim 0710/Pekalongan akan dilalui tim gowes selama dua hari," imbuh Dandim

Post a Comment Blogger

 
Top