googlesyndication.com

3 Comment
Hari Minggu, tanggal 21 Desember 2014 semakin dekat, komitmen untuk memberikan sumbangsih nyata berupa  kerja bakti para relawan  terhadap masyarakat Desa Pasir Sari pun semakin teruji. Jum’ at malam, tanggal 19 Desember 2014 ini dijadikan kesempatan baik oleh 16 komunitas yang ada seluruh Kota Pekalongan untuk menyelenggarakan Technical Meeting. Acara ini diadakan di Pendopo Kantor Camat Pekalongan Barat.


Perhelatan ini dipandu langsung oleh para pemrakarsanya, yaitu Relawan Inovasi (RINOV) dan Komunitas Peduli Kali Loji (KPKL). Ucapan terima kasih dan salut atas kekompakan komunitas-komunitas yang ada di seluruh Pekalongan dihaturkan oleh Budi Bayu Arto, dan ia pun  mengakhiri sambutannya dengan niat baiknya, “semoga diijinkan untuk memasang logo-logo komunitas untuk dicantumkan pada MMT Spanduk sebagai wujud suatu kekompakan yang solid.”. “Para partisipan aksi Peduli Kali Bremi bisa datang langsung ke lokasi melalui Jl. Gajahmada, terhitung 3 gang di sebelah barat Jembatan Bremi atau SPBU, lalu masuk ke arah utara memasuki Jl. Sutan Tahrir. Kurang lebih jarak tempuh 500 meter ke utara bisa ditemui tempat parkir kendaraan roda 2 atau mobil, berupa sebidang tanah lapang dan halaman masjid yang telah disediakan panitia.” Demikian Anang Trianggoro dari KPKL mengawali pemaparan tehnisnya.


Pengerjaan kerja bakti akan dipusatkan pada titik 6 sampai dengan titik 5 dan titik 5,5 hingga titik 4. Kesemua titik itu merupakan kawasan RW 8 Kelurahan Kramat Sari dan RW 3 Kelurahan Pasir Sari. Pengerjaannya telah disederhanakan sedemikian rupa. Didukung 1 unit Back Hoe, 10 armada pengangkut sampah Viar, 2 unit Dump Truck Sampah, dan 60 unit Cakruk/Garu. Pengerjaan tehnis hanya diperlukan tindakan pembedahan atau memisahkan rumpun enceng gondok di tiap pinggir kali untuk melepas keterikatannya dengan rumpun enceng gondok yang ada di tengah kali. Sementara enceng gondok yang ada di tengah dibiarkan mengalir atau ditarik untuk selanjutnya dipungut oleh Back Hoe yang berposisi di tengah jembatan, dan dimuat ke truk-truk sampah. 
~Oleh: Arry Anand~

Post a Comment

 
Top