googlesyndication.com

0 Comment

BATANG-
Kominda adalah forum komunikasi dan koordinasi unsur Intelijen dan unsur pimpinan daerah di provinsi dan kabupaten/kota. Menjadi kewajiban bagi pemerintah pusat dan daerah dalam menciptakan kondisi yang tentram, tertib, aman dan teratur.

Hal tersebut di sampaikan Dra.Lany dwi Rejeki Asisten Tata Pemerintahan Sekda Batang  yang membacakan Sambutan Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, dalam kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Aparatur Kominda Kabupaten Batang Tahun 2014, kegiatan tersebut berlangsung digedung  pertemuan Argowisata PT.Pagilaran Rabu (3/12/14).  
Di sampaikan juga peran kominda melalui otonomi daerah berkewajiban melindungi masyarakat, menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan nasional, serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, peran aktif deteksi dini komunitas intelijen sangat diperlukan untuk menciptakan stabilitas keamanan”. Katanya
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2006 Kominda bertugas merencanakan, mencari, mengumpulkan, mengoordinasikan, dan mengomunikasikan informasi atau bahan keterangan dan intelijen dari berbagai sumber mengenai potensi, gejala, atau peristiwa yang menjadi ancaman stabilitas nasional di daerah; serta memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi kepala daerah mengenai kebijakan yang berkaitan dengan deteksi dini dan peringatan dini terhadap ancaman stabilitas nasional di daerah.


Disampaikan juga konflik berbau SARA, aksi terorisme, dan separatisme masih mewarnai polemik di tanah air. Kondisi ini berpotensi menjadi komoditas politik. Deteksi dini atas potensi kerawanan ini harus dilakukan. Sementara itu, lembaga penegak hukum juga harus bertindak tegas, sehingga kerawanan dapat diminimalisir.
Fungsi deteksi dini, cegah dini dan lapor cepat perlu dibangun tidak hanya di komunitas intelijen tetapi juga tiap individu masyarakat. Perbaikan sistem keamanan yang akuntabel, komprehensif dan responsif perlu dibangun di lingkungan masyarakat, sehingga kepercayaan publik terhadap jaminan keamanan pemerintah meningkat”. Tegasnya   
Lany dwi Rejeki juga berharap untuk iklim daerah kita yang sudah kondusif, dengan situasi yang aman dan harmonis, akan berdampak pada meningkatnya investasi di daerah serta lancarnya kegiatan pembangunan, sehingga akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.
Sementara Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik Agung Wisnu Barta dalam laporanyaa mengatakan kegiatan Bintek  aparatur Kominda bertujuan agar aparatur kununitas intejen daerah dapat membuat laporan informasi yang benar dan valid sesuai dengan fakta, dapat mengetahui dan penggalangan deteksi dini, serta membnetuk kominda yang lebih handal.
Kegiatan tersebut akan di sisi oleh Badan Intelejen Daerah Jawa Tengah dengan materi Teknik membuat Laporan Informasi, Rencana Pengumpulan Keterangan dan Pengenalan tugas dan fungsi intelejen daerah. Adapaun peserta yang mengikuti kegiataan Kasi Trantib Kecamtan Se Kabupaten Batang.
  

Post a Comment

 
Top