googlesyndication.com

0 Comment
Kota Pekalongan –
Salah satu fungsi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah membantu masyarakat atau warga mendapatkan informasi yang valid. Hal itu disampaikan aktivis KIM Kota Pekalongan Zaenal Muhibin, saat berbicara pada Pelatihan Pegiat KIM Kota Pekalongan di Kelurahan Kraton Kidul, Minggu (30/11/) malam. 


Pada cara ini sendiri berlangsung dua hari yakni Minggu dan Senin (30/11 dan 1/12) ini hadir pembicara lain yakni Praktisi media Elektronik Suryono dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sri Budi Santoso .



Menurut Zaenal KIM masih memiliki sejumlah fungsi lain. 


“Yakni turut serta memberikan solusi-solusi bagi penyelesaian masalah warga dan pelayan bagi warga,  mitra bagi pemerintah di dalam bidang informasi, transformator ide-ide pencerahan bagi warga dan fasilitator bagi warga dalam berhubugan dengan pihak lain yang dibutuhkan,” tegas Zaenal.


Untuk bisa melakukan fungsi-fungsinya itu menurut Zaenal ada sejumlah hal yang harus dijalankan oleh para penggiat Kim. Yakni mencari informasi penting yang dibutuhkan oleh masyarakat maupun pemerintah. 


" Caranya dengan memperhatikan lingkungan , menampung  dan menyerap aspirasi dari warga maupun info dari pemerintah, lembaga public atau sumber lainya,” ujarnya.

Lebih jauh Zaenal yang juga Kepala Sekolah SMP VI Kota pekalongan itu menandaskan KIM juga harus mendiseminasikan atau menyebarkan informasi kepada warga melalui berbagai media.


 “Baik itu pamphlet, woro-woro, selingan temu warga, rembug warga atau media seni tradisi dan lain-lainya,” tambahnya.

Sri Budi Santoso saat membuka acara ini menyambut baik digelarnya pelatihan bagi pegiat KIM ini. Harapanya kedepan KIM bias semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

 (MC/Diskominfo/AN Takari)

Post a Comment

 
Top