googlesyndication.com

0 Comment


Kota Pekalongan- Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 04 Krapyak Lor, Jum’at (14/11) terlihat tidak melaksanakan  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di dalam ruang kelas. Mereka justru tampak melakukan aktivitas di luar ruangan dengan beramai-ramai membersihkan halaman sekolah serta melakukan perawatan tanaman di halaman, ada yang sibuk memupuk dan ada pula yang menyiram  tanaman.
Tidak semua siswa yang berada di luar kelas tersebut melakukan bersih-bersih. Di lapangan, terlihat sebagian dari mereka dengan menggunakan alat kebersihan seadanya, menyapu serta membersihkan rumput liar.dan sebagian yang lain dengan menggunakan ember serta cangkul mengolah pupuk kompos dari bahan dasar tanah dan dedak.
Kharisma, salah satu siswa kelas 4 mengatakan bahwa hal tersebut sudah sering dilakukan di sekolahnya.


 “seringnya memang di hari jum’at, tapi kadang bersih-bersih, kadang tidak” akunya.
Sementara Kepala Sekolah SDN 04 Krapyak Lor, Mahmud, membenarkan ketika dikonfirmasi, bahwa kebersihan dan pemupukan yang dilakukannya sudah merupakan kegiatan rutin.

“boleh dikatakan rutin, hanya saja tidak tiap minggu menggalakkan demikian. Hal ini karena kebetulan ada pelebaran halaman, dan kami lihat beberapa tanaman perlu dilakukan pemupukan” jelasnya.

Mahmud juga menambahkan KBM sengaja di berhentikan diperuntukkan kelas empat hingga kelas enam saja. Kendati demikian KBM akan tetap dilanjutkan setelah kebersihan. 
“kita hanya sampai jam 09.00 saja, setelah ini kita KBM sebagaimana biasanya. Dan kepala sekolah terlibat langsung”. bebernya.
Ia melanjutkan keterlibatan siswa, khususnya kelas empat hingga kelas enam tersebut dinilai sebagai bentuk pembelajaran bagi siswa untuk meningkatkan jiwa kesadaran sosial.
 “bagaimana pun juga jiwa sosial siswa perlu dilatih. Minimal dengan meningkatkan kesadaran bersih lingkungan dan menjaga kelestarian” pungkasnya.

Post a Comment

 
Top