googlesyndication.com

0 Comment
Kota Pekalongan-
Forum Komunitas Hijau (FKH) Kota Pekalongan menggelar aksi edukasi lingkungan serta penanaman pohon bersama pelajar Minggu (16/11). Acara ini dilatarbelakangi kurangnya kesadaran para pelajar terhadap lingkungan. Hal ini terlihat pada saat penilaian sekolah adiwiyata yang lalu. . 

Acara yang berlangsung di Hutan Kota Yosorejoini diikuti oleh Pelajar dari SMP 1, SMP 10, SMP 14 serta Mts. Al-Amin, sekolah ini merupakan sekolah yang termasuk ke dalam sekolah adiwiyata.
 
Kurangnya kesadaran pelajar terhadap kelestarian lingkungan itu disampaikan Andi Setyawan selaku tokoh lingkungan di Kota Pekalongan.

“Kami merasa prihatin terhadap keadaan pelajar yang ada di Pekalongan, kesadaran mereka akan kepedulian lingkungan sangat rendah. Hal ini terlihat pada saat penilaian sekolah adiwiyata silam” katanya.

Hal serupa diungkapkan Trias, selaku Ketua FKH. Menurutnya para pelajar sengaja diundang berpartisipasi dalam acara ini agar mereka bisa lebih memahami bagaimana cara menjaga lingkungan sebaik-baiknya. 

“memang sengaja kita undang pelajar yang termasuk ke dalam penilaian lomba sekolah adiwiyata kemarin, agar mereka bisa lebih tahu lagi bagaimana cara menjaga lingkungan ini dengan baik” tutur Trias.

Dalam acara ini selain diadakan penanaman pohon juga diadakan edukasi lingkungan oleh FKH. antara lain bagaimana caranya membuat Biopori dan juga bagaimana mengelola sampah plastik yang ada di sekitar kita. Setelah diberi bekal pengetahuan tentang ingkungan , para siswa siswi dibagi menjadi beberapa kelompok, ada yang menanam pohon, ada yang membuat Biopori, dan ada juga yang melakukan pengelolaan sampah plastik yakni dengan metode pancing sampah plastik serta metode pemadatan sampah plastik.

Para pelajar terlihat antuasias mengikuti acara ini. Hal ini terlihat saat terjun ke lapangan guna melakukan kegiatan lingkungan, semua pelajar terlihat bergerak, apapun mereka lakukan baik itu menanam, pengelolaan sampah maupun membuat biopori. Bahkan terlihat siswa dari Mts. Al-Amin sampai rela mencari sampah plastik ke sawah yang ada di dekat lokasi hutan kota yosorejo.

Salah seorang pelajar, Fitri Handayani terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. “saya sangat senang mengikuti kegiatan ini, selain menambah pengetahuan, nantinya kita juga akan menerapkan ini di lingkungan sekolah, senang rasanya melihat kota ini bisa hijau lagi tidak seperti sekarang ini panas” katanya..

Dengan diadakannya kegiatan serupa, diharapkan dapat membantu dalam upaya menciptakan Kota Pekalongan yang Hijau dan Sehat.

Post a Comment

 
Top