googlesyndication.com

0 Comment
Pekalongan- Demi suksesnya Pekan Batik Nasional (PBN) pada 8-12 oktober, Persiapan pun dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekalongan (pemkot) salah satunya dibidang kebersihan lingkungan. Dengan difokuskannya PBN di Jatayu, Jum’at (3/10) Pemkot menurunkan tim kebersihan sungai loji yang tempatnya tidak jauh dari lokasi acara.

Sedikitnya 4 personil yang terpantau melakukan kebersihan di sungai loji. Dengan menggunakan perahu jukung, tim kebersihan mengambil sampah-sampah yang ada di sungai berwarna gelap ini.
Raji Hemawan, 26, salah satu tim kebersihan mengatakan bahwa kebersihan yang dilakukannya sudah sering dilakukan. 

“sebenarnya kita sudah sering melakukan kebersihan ini. Hanya saja menghadapi PBN nanti, kebersihan lebih diperketat” katanya.

Sementara Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH), melalui Kabid Kebersihan, Pengolahan sampah dan Limbah, Heru Sukamto menjelaskan, Untuk mengahdapi PBN, pihaknya akan telah menyiapkan personil sebagai tangan panjang dari BLH.

“kita akan siapkan armada tambahan untuk lebih memperketat kebersihan terutama di sungai pekalongan. Hari ini memang baru ada 4 orang. Tapi besok kami siapkan 8 orang” jelas heru.

Heru juga menambahkan, mulai sabtu (4/10) akan dipasang semacam jaring untuk menampung sampah yang dibuang oleh masyarakat dekat sungai. “jaring ini nantinya menampung sampah yang ada, namun tidak sampai menginap. Tiap hari dari petugas kami akan mengambilnya. Meminimalisir terjadinya pembuangan di sungai” imbuhnya.

Terkait kebersihan sungai, Kepala sub bidang Tata Lingkungan, Dione Asteria juga menerangkan telah dibentuk sistem pengawasan masyarakat (siswamas), yang dibentuk atas kerjasama antara LH, PU, dan masyarakat.

"salah satu tugas siswamaas diantaranya memonitoring kebersihan lingkungan masyarakat termasuk sungai.” Jelas Dione

Dion mengimbuhkan upaya yang dilakukan tidak hanya untuk PBN saja, upaya untuk persiapan 
Adipura juga dilakukan. 


oleh Mah (liputan kota)
Redaktur A udin
pekalongan-news.com

Post a Comment

 
Top