0 Comment
Oleh Hendy Widjaja komunitas Musang Lover

luwak
musang
semua orang bisa melakukan dan mempunyai cara yg berbeda juga untuk menjinakan musang kalo mau jinakin musang liar, yang pertama dilihat dulu umurnya., misalkan dapet yang dewasa,penanganannya berbeda  dengan cara seperti :sering memandikannya ( karena dapat mengurangi insting keliarannya), bertatapan langsung saat memberinya makan ( karna membuat musang mengingat kita yang memberi makannya ), setelah beberapa lama coba memberi makan dengan cara handfeed ( memberi makan langsung menggunakan tangan kita/menyuapinya ), sesering mungkin luangkan waktu buat berinteraksi dengan simusang ( mengajaknya bicara/ bertatapan langsung ), lalu coba perlahan belai si musang dengan menggunakan sarung tangan ( supaya kita lebih aman ) buat simusang senyaman mungkin saat berada sama kita .. kunci nya sabar, jangan berharap instan kalo liar langsung jinak.
beberapa cara yg saya pakai untuk menjinakan musang kuncinya hanya" Kesabaran Ketelatenan antrara lain:
  1. Setiap memberi makan si musang jangan asal ditaruh gitu aja/ditinggal, kalau bisa kita tungguin agar si musang tau kalau kita itu bukan mau menyakitinya melainkan merawatnya.
  2. Memandikan si musang, mungkin untuk pertama kali bisa memandikan si musang di dalam kandang, tapi harus dilakukan dengan penuh perasaan agar air tidak masuk ke dalam teliga si musang. setelah itu bisa dikeringkan dengan mengelapnya dengan handuk. untuk mengeringkannya bisa dengan cara "Pegang buntut musang lalu kita keluarkan dalam kandang, setelah itu baru dengan perlahan kita keringkan". ingat buntut musang harus selalu kita pegang agar menghindari sii musang kabur.
  3. Taruh musang ditempat yang sering dilalui banyak orang(lalulalang) agar sii musang bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar &bisa membuat si musang terbiasa dengan keramaian.
  4. setiap dia makan kita harus temenin supaya dia tau siapa yg kasih makan.

Post a Comment Blogger

 
Top