googlesyndication.com

0 Comment
FKKMP Siapkan Belasan Pemuda Untuk Dilatih Membuat Kapal Baja
Agus siap didik anak muda Kota Pekalongan yang berminat di dunia perkapalan 
Kota Pekalongan

Berangkat dari rasa kepedulian terhadap masa depan anak-anak muda baik yang putus sekolah maupun lulusan sekolah menengah atas sederajat yang belum bekerja di wilayah utara Kota Pekalongan maka Forum Komunikasi Komunitas Maritim Kota Pekalongan (FKKMP) yang terdiri dari unsur Kepolisian dalam hal ini Polres Pekalongan Kota, Pemerintah Kota Pekalongan mela lui BLK dan Pengusaha asli putra daerah, Agus Triharsito lewat PT Barokah Marine menginisiasi untuk melakukan langkah kongkrit dengan membina, memberikan pelatihan ketrampilan serta menyalurkan kesempatan untuk bekerja sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.



Kapolres Pekalongan Kota AKBP Luthfie Sulistiawan salah satu inisiator ketika ditemui di ruang kerjanya Jum'at (10/4/15) menanggapi antusias rencana tersebut karena dilihatnya masih banyak anak-anak muda di kawasan pesisir utara masih banyak yang belum bekerja dan minim ketrampilan.


" dan tujuan dari FKKMP memang salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang perikanan dan kemaritiman." ujarnya.

Luthfie menerangkan, tahap awal sebanyak 16 anak muda telah terdaftar dan akan mengikuti pelatihan listrik yang rencananya akan berlangsung selama satu bulan dan dimulai tanggal 20 April mendatang.

" selain mendapatkan pelatihan di BLK nantinya mereka juga akan disalurkan untuk magang atau praktik kerja langsung di PT Barokah Marine milik salah satu putra daerah yang bergerak di bidang produksi kapal baja." lan jutnya.

Luthfie juga menambahkan, di galangan kapal PT Barokah Marine anak-anak muda tersebut akan mempraktekan ilmunya sekaligus akan dilatih membuat kapal baja.

" mereka punya kesempatan untuk bekerja di perusahaan tersebut yang tentunya sesuai kualifi kasi khusus yang dibutuhkan." jelasnya.

Luthfie mengaku telah melakukan komunikasi khusus dengan pemilik galangan, Agus Triharsito terkait tujuan FKKM yang baru saja berdiri.

Dijelaskan Luthfie, Kepolisian mempunyai kepentingan dari hasil pelatihan yang diinisiasi FKKMP, menurutnya kalau saja tingkat pengangguran turun dan efeknya bisa meningkatkan kesejah teraan masyarakat tentunya angka kriminalitas dan tindak kejahatan akan menurun.

" orang melakukan kejahatan karena tidak punya kemampuan untuk bekerja dan menghasilkan uang, juga bisa lantaran kepepet dan urusan perut yang sudah tidak bisa dicegah sehingga apabila imanya tidak kuat bisa melakukan tindak kejahatan." tuturnya.

Di lain tempat, Agus Triharsito menyampaikan bahwa lakukan dengan komunikasi yang terjalin antara dirinya de ngan FKKMP bisa dianalogikan sebagai umpan yang eksekusinya ada di domain pemerintah lewat inisiasi dari Kepolisian.

" kami disini menyambut baik, kami siap mendukung anak-anak muda tersebut praktik disini, kami akan bantu dan bisa langsung lakukan pekerjaan pembuatan kapal." ucapnya Sabtu (11/4/15) disela kegiatan dokking kapal ikan di galangan tempat usahanya.

Agus menuturkan, semua anak muda yang telah selesai mengikuti pelatihan mempunyai kesem patan sama untuk mendapatkan ilmu baik secara teori maupun praktik langsung.

" mungkin mereka bisa mengikuti pembuatan kapal dari awal sampai akhir, kita beri pengetahuan seperti apa teknologinya, di lapangan bekerjanya seperti apa dan bagaimana menjalankan kapal dan misal mereka berminat serta serius masuk kedalam dunia perkapalan kami membuka diri untuk siapa saja yang berminat bisa bekerja disini." katanya dengan serius.

Agus memgatakan, dilapangan jelas akan terlihat hasilnya, siapa yang serius dan mampu dengan mudah akan terlihat.

" dari kesempatan yang telah kita berikan tidak ada salahnya merereka kita tampung dan bekerja disini."janjinya.

Agus juga menyinggung soal adanya kerja sama dengan Walikota Pekalongan terkait pembuatan kapal di bawah 100 GT untuk nelayan Kota Pekalongan.

" kami punya terobosan-terobosan bagi nelayan Kota Pekalongan yang ingin memiliki kapal, kami akan produksi kapal pralon di Barokah Marine, mungkin akan kita arahkan mereka kalau memungkinkan, mereka bisa jadi ABKkapal untuk menghidupkan Kota Pekalongan." paparnya.

Post a Comment

 
Top