googlesyndication.com

KPU-Bawaslu Batang Copot Paksa Baliho Peserta Pemilu 2024
KPU bersama Bawaslu Batang lakukan pembersihan APK
Pekalongannews, Batang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batang telah mengambil langkah proaktif dengan mengerahkan anggotanya untuk membersihkan area ruang publik yang masih dipenuhi dengan Alat Peraga Kampanye (APK). Proses pembersihan ini dilaksanakan selama satu hari penuh dengan dukungan dari jajaran Satpol PP dan Dinas Perhubungan yang menggunakan alat derek jangkung.

Khikmatun, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Batang, menjelaskan bahwa empat tim gabungan telah dikerahkan untuk melakukan penyisiran wilayah Batang Kota hingga Gringsing.

"Kami melakukan penyisiran sepanjang perbatasan antara Kota Pekalongan dan Batang ke arah timur hingga Sambong. Selain itu, di tingkat kecamatan, seluruh tim kami turun tangan membersihkan APK hingga ke pelosok wilayah," ujar Khikmatun ketika ditemui di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, pada Minggu (11/2/2024).

Di sisi lain, partai politik juga diwajibkan untuk membersihkan APK secara mandiri sebelum hari pemungutan suara.

Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur, menyatakan bahwa seluruh tim gabungan kini sedang bergerak serentak membersihkan APK yang masih terpasang.

"Sebagian besar APK sudah dibersihkan oleh pihak partai politik, namun masih ada beberapa yang belum dilepas. Oleh karena itu, kami meminta bantuan dari Dinas Perhubungan dengan menggunakan alat derek jangkung," jelas Mahbrur.

Mahbrur juga mengimbau agar selama hari tenang tidak ada kegiatan yang berbau kampanye, termasuk pemasangan APK.

"Semua APK yang terpasang di rumah pribadi, kecuali di kantor partai politik, akan kami copot," tegasnya.

Pihaknya juga mengingatkan agar kegiatan kampanye melalui media sosial juga dihentikan.

"Dalam tiga hari ke depan, biarlah masyarakat memilih dengan hati nuraninya," tambahnya.
 
Top