googlesyndication.com

Bawaslu Batang Pilih Jalur Media Sosial untuk Publikasi Hasil Pengawasan
Pekalongannews, Batang - Media sosial telah menjadi senjata ampuh dalam menyebarkan informasi, dan Bawaslu Kabupaten Batang turut memilihnya sebagai alat untuk mempublikasikan hasil pengawasannya hingga ke tingkat Panwascam. Hal tersebut diungkapkan oleh Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Nur Faizin, dalam Rakor Kehumasan pada Rabu, 13 Desember 2023.

Dengan penuh semangat, Nur Faizin menyampaikan, 
"Ini merupakan langkah nyata untuk mempererat ikatan dengan masyarakat, sehingga mereka dapat memahami peran Bawaslu, termasuk di tingkat kecamatan." Harapannya, melalui media sosial, informasi mengenai kinerja Bawaslu dan Panwascam dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, membantu mereka menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.

"Informasi-informasi ini akan disebarluaskan melalui berbagai media, termasuk media sosial yang digunakan oleh setiap Panwascam, seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok," ungkap Nur Faizin. 

Dia menegaskan bahwa penting bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya secara bijaksana, tidak hanya memilih tanpa memahami profil calon, dan terlebih tidak terpengaruh oleh money politics.

"Informasi yang disampaikan oleh Bawaslu dan jajaran, termasuk di Panwas Kecamatan, seharusnya menjadi konsumsi penting bagi publik," tambahnya. 

Bawaslu bersama jajarannya berkomitmen untuk terus memanfaatkan media sosial dan media massa secara efektif, guna memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk membuat keputusan cerdas dalam proses demokrasi.

Selain itu, Sumali Ibnu Chamid, Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo periode 2018-2023, menekankan pentingnya pengelolaan media untuk publikasi, mengingat banyaknya tahapan Pemilu yang diawasi oleh Bawaslu. 

Setiap tahap Pemilu, kata Sumali, memiliki peran krusial, sehingga informasi terkait harus disampaikan tanpa terlewatkan, dan keterlibatan publik harus dijaga.

"Ketepatan dalam pengelolaan media sosial dan peningkatan kompetensi di jajaran Panwascam sangatlah penting," tegas Sumali. 

Dengan demikian, Bawaslu dan para pelakunya berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan optimal melalui pemanfaatan media sosial dan media massa sebagai sarana efektif dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

 
Top