googlesyndication.com

Stabilitas Harga Menjelang Natal dan Tahun Baru: Daging Sapi Tetap Terkendali
Pekalongannews, Batang - Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga daging sapi dan ayam potong masih dalam kondisi stabil, tetapi seiring dengan masa perayaan, pedagang-pedagang di Pasar Batang telah mulai memantau pergerakan harga bahan pokok ini. Lilis, seorang pedagang daging sapi, menjelaskan bahwa harga daging sapi saat ini masih bertahan stabil sekitar Rp120 ribu per kilogram setelah perayaan Iduladha. Meskipun ada pengurangan pengiriman dari distributor, stok daging sapi masih mencukupi.

"Sampai sekarang belum ada tanda-tanda kenaikan harga. Untuk Natal dan Tahun Baru, biasanya tidak terjadi kenaikan harga, justru seringnya waktu seminggu sebelum Lebaran," ungkap Lilis, Rabu 29 November 2023. 

Di sisi lain, pedagang ayam potong, Turipah, melaporkan bahwa harga ayam potong cenderung mengalami penurunan sejak beberapa pekan lalu sebesar Rp3 ribu, karena stoknya yang melimpah. Saat ini, harga ayam potong berada di kisaran Rp37 ribu per kilogram, sementara stoknya masih cukup aman dengan pengiriman satu ton setiap harinya.

Namun, perubahan terjadi pada harga telur ayam negeri yang telah mengalami kenaikan sejak usainya bantuan bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Menurut pedagang telur ayam negeri, Maningsih, kenaikan harga telur mencapai Rp2 ribu dalam 10 hari terakhir.

"Kemarin waktu ada PKH Rp25 ribu, sekarang naik jadi Rp27 ribu per kilogramnya," jelas Maningsih.

Meskipun demikian, diperkirakan tidak akan terjadi kenaikan harga dalam waktu dekat karena stok dari distributor masih lancar, dengan pasokan harian mencapai 1,7 ton untuk memenuhi kebutuhan selama seminggu ke depan. 

Dengan perkembangan ini, konsumen diharapkan tetap waspada terhadap perubahan harga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, sambil mengikuti perkembangan informasi terkait kondisi pasar.


 
Top