googlesyndication.com

0 Comment
Pj Bupati Batang: Guru Harus Hindari Konflik Kepentingan Politik
Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, mengajak guru untuk bersikap netral dan tidak terlibat dalam berpolitik
Pekalongannews, Batang - Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, mengajak para guru di sekolah negeri untuk bersikap netral dan tidak terlibat dalam tim sukses kelompok tertentu dalam pemilihan umum, termasuk Pilkada, Pileg, dan Pilpres.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Batang dalam acara jalan sehat yang merupakan bagian dari peringatan Hari PGRI Ke-78 di Pantai Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, pada Minggu (19/11/2023).

"Memasuki tahun politik ini, semua guru saya minta untuk menjaga netralitasnya dan tidak membela partai politik tertentu, khususnya para aparatur Sipil Negara (ASN)," tegas Lani Dwi Rejeki.

Keberpihakan yang netral ini diharapkan dapat menghindari konflik kepentingan dan mencegah praktik intimidasi yang memihak pada pasangan tertentu, terutama dalam forum-forum pertemuan. Pj Bupati Batang menegaskan bahwa meskipun guru diperbolehkan memiliki pilihan calon masing-masing, namun sebaiknya hal tersebut tidak diumumkan secara berlebihan di media sosial agar tidak menimbulkan sentimen negatif dan berita yang memihak kepada siapapun.

Ketua PGRI Batang, M. Arief Rohman, menyampaikan dukungan penuh dari para guru terhadap anjuran Pj Bupati Batang terkait sikap netralitas dalam Pemilu 2024.

"Anjuran ini akan saya sampaikan kepada semua guru, baik itu ASN maupun Non ASN yang kini menjadi anggota PGRI Kabupaten Batang," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa PGRI Kabupaten Batang telah berhasil menjalani Pemilu dengan netralitas pada tahun-tahun sebelumnya, sehingga hal ini sudah menjadi norma. Terlebih lagi, dengan jumlah guru yang besar, termasuk yang telah menjadi ASN, dan ke depannya guru honorer yang kini menjadi ASN, diharapkan tetap menjaga sikap netral.

"Jadilah pemilih yang cerdas sesuai dengan hati nurani masing-masing, karena guru akan menjadi contoh bagi anak didiknya untuk berperilaku baik," tambahnya.

Post a Comment

 
Top