googlesyndication.com

https://www.pekalongan-news.com/2023/11/knpi-batang-bersikap-netral-dukungan.html
Keterangan Gambar :Pelantikan pengurus Komite Nasionsl Pemuda Indonesia (KNPI) Batang masa bakti 2023-2026 di Pendopo Kantor Bupati Foto: dok Diskominfo Batang.
Pekalongannews, Batang - Ketua KNPI Batang, Mustofa, menyatakan bahwa semua pengurus KNPI bersikap netral secara organisasi. Namun, di luar lingkup organisasi, mereka diperbolehkan untuk mendukung salah satu partai politik, calon legislatif (caleg), atau calon presiden (capres).

Pernyataan tersebut disampaikan setelah pelantikan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Batang masa bakti 2023-2026 di Pendopo Kantor Bupati setempat pada Senin, 27 November 2023.

Mustofa juga menginformasikan bahwa KNPI telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang.

"Kami bekerja sama dengan Bawaslu Kabupaten Batang untuk melakukan pengawasan partisipatif dengan mendorong partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024," jelasnya.

Mustofa menyatakan bahwa fungsi pengawasan pada dasarnya adalah milik masyarakat, tetapi secara formal diatur dalam undang-undang sebagai tugas Bawaslu.

"Oleh karena itu, para pemuda dapat berpartisipasi lebih aktif dengan berbagai cara, seperti menjadi pemantau pemilu," ungkapnya.

Dia berharap terjalin hubungan emosional atau timbul rasa peduli ketika menemui tindakan pelanggaran dalam pemilu.

"Jika ada pelanggaran, kita harap dapat merespons dengan cepat, baik dengan mencegah maupun melapor ke Bawaslu Batang," ucapnya.

Meskipun ada pengurus baru KNPI, Mustofa menegaskan bahwa organisasi tersebut akan tetap melaksanakan program-program sebelumnya yang positif, sambil menambahkan program baru yang bersifat menginspirasi.

"Program KNPI Menginspirasi berupa podcast akan tayang setidaknya sebulan sekali dengan mengundang pemuda yang inspiratif di Kabupaten Batang," jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa KNPI Batang berusaha menyesuaikan diri dengan era digitalisasi dengan memanfaatkan media sosial untuk hal-hal yang positif bagi generasi muda.




 
Top