googlesyndication.com

Kepedulian Lingkungan: BPI Serahkan 3.700 Bibit Pohon dalam Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia
Pekalongannews, Batang - Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia konsorsium PLTU 2x1.000MW PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) mendukung Pemerintah dalam upaya melakukan penghijuan di Daerah Aliran Sungai.

Kepedulian PT BPI terhadap lingkungan dengan menyerahkan bantuan bibit pohon sebanyak 3.700 bibit kopi dan jeruk yang bertempat di di Desa Tombo Kabupaten Batang, Selasa 28 November 2023.

Penyerahann bantuan secara simbolis dilakukan oleh Presiden Direktur BPI Ryuta Sato dan Direktur Operasional Yoshimitsu Fujii kepada Asisten II Sekda Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko, Kepala Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, Widi Hartanto.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II Sekda Kabupaten Batang Asri Hermawan, Kepala Desa Tombo Mustajab, beserta masyarakat Desa Tombo, Pelajar, Relawan, dan Tokoh Masyarakat.

“Program ini merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan sekaligus memenuhi arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk bersama-sama dengan pemerintah Kabupaten Batang melakukan pengendalian kerusakan hutan/lahan,"kata Presiden Direktur BPI Ryuta Sato.

Ia juga berharapkan bantuan bibit tersebut dapat mendukung percepatan peningkatan tutupan lahan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui gerakan menanam pohon di daerah aliran sungai khususnya di Lahan Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial.

“Kami menyerahkan dua jenis Multipurpose Trees Species/MPTS yang terdiri dari 2.000 bibit kopi robusta dan 1.700 bibit jeruk keprok kepada Pemerintah Desa Tombo,"ungkap Presiden Direktur BPI Ryuta Sato.

Bibit ini kata Dia, bertujuan untuk mempercepat pulihnya sumberdaya hutan, mengurangi erosi, sedimentasi dan run-off serta meningkatkan daerah resapan air dan meningkatkan kualitas daya dukung DAS Lestari di Desa Tombo.

Sementara itu, Asisten II Pemprov Jateng, Sujarwanto sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh BPI, karena kegiatan ini sangat bermanfaat untuk keseimbangan alam.

"BPI sangat luar biasa, karena PLTU ada di wilayah pantai namun melakukan gerakan menanam pohon di Desa Tombo, yang sangat jauh dari PLTU,"jelasnya.

Ia berharap kepedulian BPI terhadap lingkungan harus bisa menjadi percontohan perusahaan lain di Kabupaten Batang.

"Gerakan penanaman yang dilakukan oleh BPI harus terus digalakkan dan dirawat, semoga tidak berhenti di Desa Tombo. Tap juga merambah ke desa - desa lainnya,"ungkapnya.

Sujarwanto menyebut peran BPI dalam pembangunan, pelestarian alam, kesehatan, pendidikan dan budaya sangat luar biasa. Dan sangat membantu program pemerintah dalam berbagai sektor.

Senada juga disampaikan Kepala Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah Widi Hartanto. Ia mengatana kepedulian BPI menjadi salah satu bukti keberpihakan dalam menjaga kelestarian lingkungan untuk penyeimbang alam.

Sementata itu, Asisten II Setda Batang, Asri Hermawan mengatakan bahwa gerakan penanaman pohon ini sangat membantu pemerintah dalam menanggulangi kerusakan alam dan sangat membantu untuk keseimbangan alam.

 
Top