0 Comment
Meriahnya Gebyar Undian Sadar Pajak PBB dan Resto di Kabupaten Batang
Keterangan Gambar :Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki saat mengundi hadiah sepea motor di Gebyar Pajak resto dan PBB di Jalan vetaran Batang, Minggu 3 September 2023. Foto: Itung kontributor Batang.

Pekalongannews, Batang
- Gebyar undian sadar pajak bumi dan bangunan (PBB) dan pajak resto periode pertama tahun 2023 berlangsung meriah.

Kegiatan yang berlangsung di Jalan Veteran Batang, bersamaan dengan car free day yang diikuti oleh ribuan peserta yang membanjiri alun-alun pada Minggu, (3/9/2023).

Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berkesempatan memenangkan berbagai hadiah doorprize jalan sehat, seperti sterika, kipas angin, kompor gas, sepeda gunung, dan mesin cuci.

Dalam undian pajak resto, hadiah utama berupa sepeda motor berhasil diraih oleh Sandra Matra Sari, warga Jalan Ahmad Yani Gang Mayang RT 04 RW 02 Kauman Batang. Sementara itu, hadiah utama dua sepeda motor dari undian sadar PBB berhasil diperoleh oleh Suginto, warga Desa Reban Kecamatan Reban, dengan besaran pajak sebesar Rp 20,307.

Selain itu, sepeda motor juga diperoleh oleh wajib pajak atas nama Lesty Puspitasari, warga Kelurahan Kesepuhan Kecamatan Batang, dengan nilai PBB sebesar Rp 67,596.

"Undian Gebyar sadar pajak ini merupakan bentuk apresiasi kepada masyarakat yang telah berperan dalam pembangunan Kabupaten Batang melalui kepatuhan membayar pajak daerah," kata Penjabat Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki.

Ia berharap bahwa dengan adanya undian gebyar sadar pajak ini, akan terjadi peningkatan kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak. Hal ini juga dianggap sebagai salah satu inovasi Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan, dan Aset Daerah (BPKPAD) Batang dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak.

Menurut data hingga September 2023, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) telah menghasilkan pendapatan sebesar Rp 17 miliar, sementara pajak resto mencapai Rp 4,9 miliar, dengan total pendapatan sebesar Rp 21,9 miliar. Kepala BPKPAD Batang, Sri Purwaningsih, menambahkan bahwa target pendapatan dari gebyar sadar pajak periode pertama ini adalah sebesar Rp 6,5 miliar. Namun, saat ini pendapatan yang sudah terkumpul mencapai Rp 21,9 miliar, melebihi target yang ditetapkan.

"Alhamdulillah, pada tahap pertama, capaian pendapatan dari sektor pajak sudah mencapai 44%, dan kami berharap dapat mencapai 70% pada akhir periode, mengingat biasanya kami hanya mencapai 60%," jelas Sri Purwaningsih.

Jika capaian pendapatan dari sektor pajak terus meningkat, pada akhir periode, hadiah dari gebyar sadar pajak diprediksi akan semakin banyak.

Sri Purwaningsih juga mengingatkan warga Kabupaten Batang yang belum membayar pajak untuk segera melunasi kewajibannya, karena itu merupakan kewajiban bagi semua masyarakat Kabupaten Batang. Apabila capaian pendapatan pajak mencapai 70% pada periode akhir, rencananya hadiah sepeda motor akan diperbanyak menjadi 15 unit, sehingga setiap kecamatan di Kabupaten Batang berpeluang mendapatkan hadiah sepeda motor.

Pemenang Motor Pajak Resto adalah Sandra Mayang Sari, Pemenang Motor Pajak PBB adalah Suginto, dan Pemenang Motor PBB adalah Lesty Puspitasari.

Post a Comment

 
Top