googlesyndication.com

0 Comment
Mengenal Jenis Resolusi TV HD, Full HD, Ultra HD, dan 4K

Pekalongannews - Saat ini, pasar televisi memiliki banyak pilihan yang beragam, terutama dengan munculnya banyak merek televisi baru. Pada masa lalu, televisi tabung dan televisi LED dari merek seperti SHARP, LG, Samsung, dan lainnya mendominasi pasar. Namun, semuanya telah berubah seiring dengan masuknya internet, yang mengubah konsep televisi menjadi Smart TV. Kini, televisi tidak hanya digunakan untuk menonton informasi atau hiburan, tetapi juga dapat digunakan untuk produktivitas.

Terlepas dari merek favorit Anda, berikut adalah beberapa panduan tentang resolusi televisi yang sering muncul di pasar. Penting untuk bijak dalam memilih resolusi televisi sesuai dengan kebutuhan Anda.

High Definition (HD)
Resolusi ini adalah standar di pasar saat ini. Banyak monitor dan televisi telah mengadopsi resolusi ini dan dapat menampilkan konten dalam kualitas HD. Televisi yang mampu menampilkan video HD dikenal sebagai HDTV. Resolusi HD adalah 1.280 x 720 piksel pada 30 frame per detik (fps).

Full HD
Resolusi Full HD menghasilkan gambar yang sangat bagus, yaitu 1080p. Video Full HD dapat ditampilkan pada layar dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel pada 30 fps.

Ultra HD
Resolusi Ultra HD adalah tingkatan di atas Full HD, sekitar 2 kali lebih baik. Layar yang mampu menampilkan kualitas UHD harus memiliki resolusi 3.840 x 2.160 piksel dengan Frame Rate yang lebih tinggi. Ini merupakan resolusi yang sangat tinggi, sekitar 2 kali lipat dari TV Full HD, sehingga jenis video ini juga disebut 
Quad HD.

4K 
Mungkin Anda penasaran mengapa ini disebut 4K? "K" dalam 4K adalah singkatan dari Kilo (1000), yang berarti TV yang memiliki resolusi horizontal sekitar 4.000 piksel. Dengan kata lain, layar yang digunakan untuk menampilkan video ini memiliki resolusi di atas 4.000, yaitu 4.096 x 2.160 piksel. Ini berarti gambar sangat jelas dan halus, seolah-olah objek tersebut berada di depan mata Anda.

Saat ini, ada bahkan resolusi yang lebih tinggi, yaitu 8K, tetapi masih cukup jarang dan hanya beberapa merek televisi yang memiliki resolusi ini. Hal ini terkait dengan fakta bahwa televisi 4K masih memiliki harga yang cenderung tinggi. Namun, jika Anda mempertimbangkan investasi jangka panjang, memiliki televisi 4K dapat menjadi pilihan yang sangat menarik.

Post a Comment

 
Top