googlesyndication.com

0 Comment
Mengatasi Vandalisme, Kesbangpol Batang Bersama Dewan Kesenian Gelar Lomba Mural Pelajar
Keterangan Gambar : Sejumlah pelajar SMAN Batang melakukan ketja bakti pembersihan tembok pagar bumi sebelum pelaksanaan lomba mural. Foto: Itung kontributor Batang.

Pekalongannews, Batang - Sejumlah pelajar dari berbagai SMK dan SMA di Kabupaten Batang melakukan kerja bakti untuk membersihkan tembok pagar bumi yang akan dijadikan media mural.

Lomba mural ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian lomba moral antar komunitas pelajar yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol, Dewan Kesenian Daerah (DKD), dan Jaringan Media Siber Indonesia Kabupaten Batang. Acara tersebut akan berlangsung pada hari Kamis, 10 Agustus, dan tempatnya berlokasi di SMAN 1 Batang.

Lomba mural ini berawal dari tindakan vandalisme yang merusak fasilitas publik dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi masyarakat. 

Untuk merespons hal tersebut, digelarlah lomba ini agar tembok pagar bumi tersebut bisa dimanfaatkan sebagai media seni mural yang kreatif. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengurangi aksi corat-coret yang tidak bertanggung jawab pada fasilitas umum.

Pengelola Sarana dan Prasarana SMAN 1 Batang, Purwadi, menyatakan bahwa sekolahnya menyambut baik kegiatan ini dan mengakui bahwa beberapa siswa atau orang telah menyalahgunakan fasilitas tersebut dengan mencoret-coret. Mengingat keterbatasan pengawasan selama 24 jam, tindakan perbaikan dan cat ulang kerap kali dilakukan, tetapi masih saja ada kasus baru. 

"Dengan adanya lomba mural ini, diharapkan para siswa dapat menyalurkan bakat seni mereka dan menciptakan karya-karya yang bermakna," ujar Purwadi.

Sementar Ketua Komite Seni Rupa, Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang, Sigit Purnomo, menyampaikan bahwa lomba moral ini menjadi kesempatan bagi para pelajar untuk mengekspresikan kreativitas dan bakat seni mereka. 

"Tembok publik yang sebelumnya dicorat-coret oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan mengandung unsur sara, akan ditutup kembali dan diisi dengan seni mural hasil dari perlombaan ini, dengan demikian, tembok tersebut akan menjadi lebih estetik dan bernilai seni yang tinggi," tutur Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan bahwa lomba mural ini akan diadakan pada 10 Agustus 2023 dengan tema HUT ke-78 Republik Indonesia, yaitu "Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

" Setiap sekolah akan mengirimkan satu tim peserta untuk mewakili masing-masing komunitas. Setiap tim akan diberikan satu blok bidang pada tembok dengan ukuran 2,75 x 1,95 meter, dan mereka akan memiliki waktu selama 7 jam untuk mengeksekusi karyanya," jelasnya.

Diharapkan lomba mural ini dapat menjadi ajang kreativitas dan prestasi seni bagi para pelajar, serta menginspirasi mereka untuk terus mengembangkan bakat dan minat di bidang seni. 

Semoga kegiatan ini juga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam menghargai dan menjaga fasilitas publik dengan lebih baik.

Post a Comment

 
Top