googlesyndication.com

0 Comment
Jagung dan Gabah Terbakar Akibat Kebakaran Rumah di Desa Toso Kabupaten Batang

Pekalongannews, Batang - Sebuah peristiwa kebakaran terjadi di sebuah rumah di Dusun Bulurejo RT 02 RW 06, Desa Toso, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Jumat, 25 Agustus 2023. Dalam peristiwa tersebut, rumah milik seorang janda bernama Umbreg (65 tahun) mengalami kerugian material yang diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Batang, yakni M Safii, menyatakan bahwa peristiwa kebakaran tersebut telah menyebabkan kerusakan parah pada rumah tersebut serta merusak dua sepeda motor, jagung, dan gabah yang ada di sekitar rumah tersebut.

"Kerugian yang kami perkirakan mencapai Rp 100 juta," ungkapnya.

M Safii menginformasikan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. Pihak Damkar Bandar menerima laporan tentang kejadian kebakaran tersebut pada pukul 07.30 WIB.

Sebanyak empat anggota pemadam kebakaran beserta anggota Polsek setempat dan masyarakat sekitar segera dikerahkan untuk memadamkan api. Upaya pemadaman dan pendinginan berhasil dilakukan hingga pukul 08.15.

Penyebab terjadinya kebakaran ini berasal dari tungku kompor yang ditinggalkan dalam keadaan menyala saat digunakan untuk menjemur jagung dan gabah. M Safii menegaskan bahwa kasus kebakaran ini merupakan salah satu dari 61 kejadian kebakaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Batang mulai dari awal tahun hingga 25 Agustus 2023.

"Berdasarkan data yang kami kumpulkan, sejak 1 Januari 2023 hingga 25 Agustus 2023, sudah terjadi 61 kebakaran. Dari angka tersebut, sebanyak 17 kebakaran terjadi pada bulan Agustus, dimulai dari tanggal 1 hingga 25 Agustus 2023," jelas M Safii.

Dalam catatan tersebut, kebakaran melibatkan berbagai jenis properti seperti rumah, pabrik, gudang, kandang, lahan, hutan, dan kendaraan.

Lebih lanjut, M Safii menyebutkan bahwa mayoritas kasus kebakaran yang terjadi di rumah-rumah disebabkan oleh masalah listrik, seperti kabel yang kadaluarsa, sambungan kabel yang tidak baik, keadaan stopkontak yang longgar, dan pemasangan jaringan listrik yang sembarangan.

Post a Comment

 
Top