googlesyndication.com

0 Comment
10 Desa Wisata Purbalingga Ini Bersaing di Festival Gunung Slamet
foto: Kepala Dinporapar Kabupaten Purbalingga, Ir Prayitno, MSi di even Gelar Desa Wisata Purbalingga

Pekalongannews, Purbalingga - Gelar Desa Wisata Purbalingga 2023 sukses terselenggara untuk pertama kalinya.

Event yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga itu menjadi pembuka dari rangkaian acara di Festival Gunung Slamet (FGS) #6 tahun 2023. 

Festival Gunung Slamet tahun 2023 yang diselenggarakan Pemdes Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga ini memang dimeriahkan dengan ajang Gelar Desa Wisata yang diikuti oleh 10 Desa Wisata. 

Tema yang diusung yaotu "Bareng-bareng Mbangkitna Desa Wisata".

Desa Wisata meramaikan kegiatan ini antara lain Desa Wisata Sirau, Tanalum, Selakambang, Timbang, Nangkod, Karangcegak, Kedungbenda, Patemon, Panusupan, dan Desa Wisata Sangkanayu. 

Selain sebagai pendongkrak semangat kebangkitan, acara ini juga sebagai media promosi dan juga untuk mencari Desa Wisata terbaik. 

Nantinya pemenang akan mewakili Kabupaten Purbalingga untuk mengikuti ajang Gelar Desa Wisata tingkat Provinsi Jawa Tengah. 

"10 (Sepuluh) Desa Wisata tersebut juga akan menampilkan atraksi budaya dan kesenian khas desanya" ujar Kepala Dinporapar Purbalingga Ir. Prayitno, M.Si pada sambutannya dipembukaan FGS 2023, Jumat, 28 Juli 2023.

Adapun kategori dalam penilaian yaitu profil Desa Wisata dan kelembagaan, atraksi seni dan budaya, gelar produk dan stand pameran serta paket wisata. 

Rangkaian Gelar Desa Wisata dimulai pada 15-23 Mei 2023 sebagai tahap pendaftaran.Juni hingga Juli sebagai tahap penilaian lapangan.

Puncak penilaian adalah atraksi seni dan budaya, gelar produk dan stand pameran yang dilaksanakan pada tanggal 28-30 Juli berbarengan dengan FGS 2023 yang berada di D'Las Serang Kecamayan Karangreja.(Juvan)

Post a Comment

 
Top