0 Comment
Dinporapar Purbalingga Luncurkan Biro Wisata Jawa Tengah di Funtrip 2023
Ir. Prayitno, M.Si. pada saat membuka kegiatan Purbalingga Fun Trip 2023.

Pekalongannews, Purbalingga - Berhasil menggelar acara Purbalingga Funtrip 2023, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga telah berhasil mempromosikan wisata industri dengan melibatkan beberapa biro wisata dari Jawa Tengah.

Kegiatan funtrip ini disambut dengan antusias oleh para peserta dan mencakup kunjungan ke sentra industri serta destinasi wisata di Purbalingga.

"Tujuan dari kegiatan funtrip ini adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan juga memperkenalkan wisata industri serta daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah," ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Prayitno, saat pembukaan Purbalingga Funtrip 2023 di Resto Selasar Pandang Owabong Cottage, Jumat (28/07).

Pada hari pertama, para peserta mengunjungi Pilog Dinperindag yang memproduksi motor listrik dan produk knalpot asli Purbalingga. Selanjutnya, mereka mengunjungi homeindustri bulu mata palsu, pabrik permen Davos, dan daya tarik wisata Purbasari Pancuranmas.

Setelah itu, peserta check-in dan bermalam di Glamping Camp The Samingah Wised. Pada malam harinya, para peserta Purbalingga Funtrip 2023 yang terdiri dari beberapa biro perjalanan wisata di Jawa Tengah mengikuti sarasehan.

"Sarasehan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi agar tujuan dari acara funtrip ini dapat tercapai," ujar Prayitno.

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Purbalingga juga meluncurkan inovasi baru bernama "Ayo Kawin" atau "Ayo Kunjungan Wisata Industri".

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata, Riswanto, menambahkan bahwa para peserta Purbalingga Funtrip 2023 juga berkesempatan menyaksikan kirab budaya pengambilan sumber mata air Gunung Slamet untuk sikopyah pada hari kedua funtrip.

"Kegiatan funtrip ini berbarengan dengan Festival Gunung Slamet #6 yang diadakan setiap tahun di D'las Serang Kecamatan Karangreja. Oleh karena itu, peserta kita dapat melihat budaya kearifan lokal masyarakat di kaki Gunung Slamet," jelasnya.

Funtrip tidak berhenti sampai di situ saja, tetapi dilanjutkan dengan eksplorasi daya tarik wisata D'las, dan kunjungan ke Guma Landscape Cafe yang terletak di kaki Gunung Slamet, di mana peserta funtrip bisa menikmati keindahan panorama alam yang hijau.

Perjalanan wisata industri yang dilaksanakan selama 2 hari 1 malam berakhir di rest area pusat oleh-oleh Masjid Chenghoo. Sambil menikmati coffee break, Kabidpar Riswanto menutup rangkaian acara Purbalingga Funtrip 2023.

Ia berharap dari kegiatan ini bisa menjadi promosi wisata dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari para biro wisata yang membawa wisatawan ke Kabupaten Purbalingga. (Juvan)

Post a Comment

 
Top