0 Comment
Kota Pekalongan - Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Pekalongan menggelar Turnamen catur  cepat kelas open 2022 di Gedung Sekretariat Percasi Jalan Sulawesi, Kota Pekalongan, Sabtu (26/3/2022).

"Turnamen ini diikuti ratusan peserta tidak hanya dari Kota Pekalongan tapi juga daerah lain," kata Ketua Percasi Kota Pekalongan, Muhammad Fahmi Aditya.

Ia menyebut para peserta berasal dari Kota Semarang, Kabupaten Cilacap, Banyumas, Brebes. Lalu Kabupaten dan Kota Tegal, Pemalang, Kendal, Batang, serta kabupaten Pekalongan.

Total ada 100 peserta bertanding memperebutkan piala Ketua DPRD. Kejuaraan itu memang prakarsa dari ketua DPRD Kota Pekalongan, Mohamad Azmi Basyir.

"Kejuaraan ini berawal dari obrolan bareng ketua DPRD. Ternyata beliau suka catur, bahkan punya klub. Akhirnya kami bikin lomba open ini," tutur Adit, sapaan akrabnya. 

Ia mengatakan sudah pernah menyelenggarakan beberapa lomba tapi tidak open. Lalu juga beberapa kali laga persahabatan hingga memanggil lawan dari luar kota.

Pegiat catur Kota Pekalongan itu menyebut tujuan kejuaraan adalah untuk mengetahui kualitas atlet catur lokal. Pihaknya bisa tahu peta kekuatan atlet catur kota Pekalongan melalui turnamen open.

Ia mengatakan, selepas turnamen open, pihaknya menargetkan mengikuti Kejurprov Jawa Tengah. Tidak hanya itu, ia bermimpi bisa mengirim atlet catur Kota Pekalongan menjadi wakil Jateng di Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kami akan bergerak dengan menggelar liga pelajar, liga klub, sekolah catur. Kami juga sudah membuat MoU dengan Unikal dengan KONI," jelasnya.

Ia menyebutkan saat ini jumlah klub catur di Kota Pekalongan ada sekitar 10. Harapannya, atlet catur kota Pekalongan akan bisa bersuara hingga tingkat nasional.

Post a Comment Blogger

 
Top