googlesyndication.com

0 Comment
Di tengah Gempuran eras Digitalisasi Fm Radio Masih terus eksis dan bertahan
FM Radio makin jarang digunakan di beberapa aplikasi smartphone baik android maupun system operasi lainnnya tapi keberadaannya masih eksis di era digital ini, aplikasi FM Radio sudah lama ada di era 2000 aplikasi yang tidak membutuhkan kuota data maupun pulsa ini 100% gratis.

FM Radio atau Frequency Modulation di Indonesia sudah dimulai sejak sebelum negara ini merdeka dan era kejayaan radio di Indonesia sudah ada sejak era awal kemerdekaan dan bersanding dengan AM Radio. Nah, FM Radio ini bermunculan stasiun radio di berbagai kota di Indonesia.

Radio menjadi media komunikasi satu arah yang digandrungi tua dan muda dan pada saat itu menjadi media berita, mendengarkan musik, hingga menjadi media untuk kirim-kirim salam dan request lagu. Para pendengar mengirimkan salam lewat kartu atensi yang diambil dan diisi di kantor stasiun radio yang  ersangkutan dan kemudian mulai berkembang menjadi lewat SMS. Sekarang di era digital, kirim-kirim salam dan request lagu berkembang menjadi melalui Whatsapp, DM Instagram, dan juga yang lainnya.

Aplikasi FM Radio di Android memang jarang digunakan, tapi bukan berarti pendengar radio di era digital ini hilang begitu saja. Hanya saja kini cara mendengarnya yang sedikit berbeda. Para pendengar radio lebih senang mendengarkan rekaman podcast atau pun radio digital yang menggunakan kuota internet. Lagi pula, dengan teknologi seperti sekarang, kita bisa mendengarkan saluran radio dari berbagai kota di Indonesia bahkan seluruh dunia.

Dulu untuk mendengarkan Radio seperti Prambors Jakarta Radio Ardan, radio SK , maka harus ke tempatnya dulu, kalau sekarang hanya tinggal unduh aplikasi dan mulai streaming siarannya di mana

Radio terus bertahan di tengah era digitalisasi bahkan sebetulnya ikut terbantu dengan teknologi yang ada karena bisa menjangkau para pendengar dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Karena mendengarkan radio punya sensasinya sendiri dibandingkan dengan mendengarkan musik di layanan streaming atau ketika menonton Youtube.

Radio punya penyiar yang menyapa dan menemani para pendengar di sela-sela kesibukan, di perjalanan, atau pun ketika bersantai. Ini yang tidak ada di platform streaming sekalipun ada fitur podcast tapi itu bukan siaran langsung.

Post a Comment

 
Top