0 Comment
 luapan Kali Winong yang tak mampu menampung debit air hingga akhirnya merendam sawah dan pemukiman
Pekalongan News, Kabupaten Pekalongan - Diguyur Hujan deras semalaman mengakibatkan seribuan rumah di 5 desa yang ada di Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, terendam banjir. Ketinggian air di beberapa lokasi mencapai 30 cm hingga satu meter, Minggu (6/7/2022).

Selain hujan deras, banjir juga berasal dari luapan Kali Winong yang tak mampu menampung debit air hingga akhirnya merendam sawah dan pemukiman.

Salah satu desa terparah terdampak banjir, yakni Desa Purwodadi tercatat ada 300 rumah terendam banjir dan lebih dari seribu jiwa menjadi korban, di mana 150 di antaranya terpaksa mengungsi ke gedung sekolah setempat.

Menurut Sekretaris Desa Purwodadi, Irham Alwi Arsyad, banjir mulai merendam sawah dan desa berlangsung sejak pukul 23.00 WIB setelah hujan deras mengguyur serta Kali Winong yang ada di sebelah barat desa meluap tak mampu menampung debit air.

"Total secara keseluruhan ada ribuan karena memang di sini 300 rumah yang terdampak berarti di atas 1000 yang terdampak banjir. Yang mengungsi sudah ada meski baru di kisaran 150 orang,” jelasnya.

Sebenarnya pihak desa sudah beberapa kali mengajukan bantuan pembuatan tanggul dan normalisasi sungai namun karena belum pernah disetujui akhirnya banjir lebih dulu melanda.

“Untuk tempat konsentrasi pengungsian yang pertama ada di TPQ Sabilunnajah di Desa Purwodadi, kemudian titik selanjutnya ada di SD Purwodadi, sebagian besar masih berdiam diri di rumah masing-masing,"imbuhnya.

Pihak desa tahun ini kembali mengajukan bantuan pembangunan tanggul dan normalisasi sungai, harapanya bisa terbebas dari ancaman banjir.

Post a Comment Blogger

 
Top