1 Comment

 

Sekolah merupakan tempat untuk mendidik dan mengembangkan kemampuan anak dari lahir maupun batin. Sekolah Dasar (SD) merupakan tahapan awal yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai positif dalam membentuk karakter yang baik.

Dalam masa pandemi covid 19 yang mewabah di seluruh belahan bumi termasuk di Negara kita menjadikan pemerintah mengambil kebijakan. Melalui SE Nomor 4 Tahun 2020 diantaranya menjelaskan tentang ketentuan pelaksanaan proses belajar dari rumah. Disebutkan bahwa belajar dari rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik.

Pembelajaran daring merupakan pembelajaran dalam jaringan yang terhubung melalui jejaring komputer, internet dan sebagainya. Disinilah peran orang tua sangat diperlukan dalam pendampingan terhadap anak yang diharuskan mulai mengenal atau memasuki era digital. Perkembangan era digital yang pesat memberikan dampak positif dan dampak negatif.Dampak negatif era digital dapat melunturkan nilai, norma, dan budaya. Hal ini juga dapat berdampak pada degradasi moral. Degradasi Moral merupakan kemunduran atau kemerosotan akhlak atau budi pekerti.

Degradasi moral berbahaya bagi generasi masa depan terutama berkaitan dengan sopan santun anak. Bimbingan orang tua ketika anak mengakses internet akan meminimalisir terjadinya degradasi moral. Faktor Penyebab Degradasi Moral antara lain Longgarnya pegangan terhadap agama, kurang efektifnya pembinaan moral, kerasnya arus budaya materialistis, hedonistis, dan sekularistis. Degradasi moral dapat dilihat dengan gejala Penggunaan bahasa yang tidak baik,Pengabaian terhadap aturan yang berlaku,Ketidaktoleran,Tindakan curang, Kekerasan dan tindakan anarki, Pencurian.

Melalui bimbingan orang tua dan guru, penanaman pendidikan karakter harus diperkuat. Pendidikan karakter adalah modal utama untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan bermoral. Dengan pendidikan karakter anak akan berkepribadian baik, berkualitas, bermoral, atau berbudi pekerti serta berakhlak mulia. Sehingga degradasi moral terhadap anak dalam masa pandemi akan terkikis dan tujuan dari pendidikan sendiri dapat tercapai dengan baik.

 

 

Post a Comment Blogger

 
Top