0 Comment
Fiat 500 
Fiat merupakan pabrikan mobil dari Italia Fiat sendiri merupakan salah satu pabrikan legendaris dari Italia, berdiri sejak 11 Juli 1899 di Turin. 

Mobil ini pertama kali dirancang oleh Dante Giacosca, diproduksi tahun 1957. Produksi mobil ini terbilang lama dimulai tahun 1957 dan berakhir tahun 1975. Mobil ini dirancang sebagai City Car, dengan bentuknya yang mungil. Mobil ini dirancang dengan dua pintu dan berbentuk mungil, varian tahun 1959 biasa disebut Nuova 500. 

Fiat 500 hadir dalam berbagai model mulai dari 3 door hatchback, 3 door semi convertible, 3 door estate, 3 door panel van.

Dari segi eksterior mobil ini mengusung bentuk yang sederhana. lampunya, g bentuk bulat. Kemudian dibawah lampu utama, ada lampu kecil berwarna terang, untuk lampu sein depan berada disamping body dengan bentuk bulat kecil berwarna kuning, letaknya tepat diatas spakbor depan. 

Sementara pada bagian tengah-tengah diantara lampu utamanya, dibuatkan logo khas Fiat, dengan tambahan dua buah garis yang dilabur krom disamping logonya. Untuk bumper depan dibuat mengikuti bentuk bodynya, dan sudah dilabur krom juga. 

Bagian kap depan juga dibuatkan garis pemisah yang membelah kapnya, sementara dibagian samping. Ada garis memanjang yang diatrik dari pintu depan menuju bagian body belakang. Garis ini pun juga sudah dilabur krom. Tak ketinggalan sepasang spion bulatnya juga dilabur krom. 

Beralih ke sisi belakang ditempatkan grill alias kisi-kisi udara. mobil ini memakai mesin belakang Untuk lampu sein dan lampu belakangnya dibuat menjadi satu, bagian bumpernya juga sudah dilabur krom. Cara membuka kap mesinnya juga unik, kap mesin bukan membuka ke atas, melainkan akan membuka ke belakang juga. 

Bagian interior Mobil ini bisa membawa 4 orang sekaligus, 2 didepan dan 2 dibelakang. Untuk kursi dibagian belakangnya juga lumayan lega, 

Untuk dashboardnya tidak terlalu banyak panel instrumen untuk tuas persenelingnya tampil beda. Dengan bentuk panjang layaknya tongkat, meski posisinya ditengah, tapi masih tersisa banyak ruang untuk kabinnya. 

Panjang mobil ini sekitar 2,97 meter dengan whellbase 1,84 meter. mobil ini sangat rendah rancangannya, bagi yang berbadan tinggi mungkin kepalanya akan sedikit membentur atap kalau masuk ke dalam mobilnya. Selain dipasarkan di Italia, mobil ini juga diekspor ke beberapa negara Eropa dan sempat menembus pasar AS, di Amerika mobil ini dikenal dengan nama Fiat 500 Ns. 

mesinnya tergolong memiliki tenaga yang kecil. Mesin buatan Fiat ini memiliki kapasitas 500 cc dengan 2 silinder, dibekali transmisi manual 4 kecepatan, dengan top speed mencapai 108 km/jam. 



Post a Comment Blogger

 
Top