0 Comment
Bersabar adalah salah satu cara terbaik, meskipun untuk bersabar sendiri bukanlah proses yang mudah
Mood baik akan membawa hari kita pada hal-hal baik, sedangkan mood buruk akan membawa diri kita pada keruwetan dan kesumpekan.

Percayalah, saat kita dalam keadaan perasaan yang tidak baik, maka semua hal yang kita lakukan akan menjadi berantakan dan tidak kunjung selesai. Kalaupun kita memaksakan diri menyelesaikan pekerjaan atau berbicara saat dalam mood buruk, maka itu hanya sia-sia, yang ada pekerjaan atau arah pembicaraan kita akan mengarah kepada masalah yang lebih buruk lagi.

Bersabar adalah salah satu cara terbaik, meskipun untuk bersabar sendiri bukanlah proses yang mudah!

Sabar, adalah satu kata yang sangat berarti di dalam kehidupan ini.Jika kita mampu melakukannya, maka kita akan menemukan kehidupan yang damai, dan jauh dari masalah berat.

Sebab orang yang memiliki rasa kesabaran yang tinggi, mereka akan memiliki rasa ikhlas serta mampu mentoleransi perbedaan, baik itu pendapat atau apapun dengan melihat dari berbagai sudut pandang.

Bagaimana cara agar kita dapat belajar sabar dan ikhlas? Ada beberapa cara sederhana yang harus dicoba dan diterapkan untuk bisa belajar bersabar!
  • Niat = Niat, adalah langkah awal dan paling dasar dalam menjalankan semua hal di dalam kehidupan ini,termasuk untuk belajar sabar! Niatkan di dalam hati, kita belajar sabar karena ingin menjadi lebih baik, kita belajar sabar agar hidup lebih baik, kita belajar sabar agar mempunyai sikap baik.
  • Selalu Berpikir Positif = Semua masalah yang hadir di dalam kehidupan kita, rata-rata adalah karena berpikir negatif terhadap situasi yang sedang terjadi, atau berpikir negatif dan berprasangka buruk terhadap orang lain. Alangkah lebih baiknya jika kita tabayyun atau mencari kebenaran atas sebuah kejadian, sebelum berpendapat atau mengambil keputusan.
  • Bersahabat dengan Orang Baik = kita dapat bersahabat dengan siapapun termasuk kepada mantan penjahat. Namun jangan lupa, jika kita belum mampu memilih mana yang baik dan buruk, maka kita akan menelan keduanya tanpa pilih-pilih.Di sinilah peran sahabat dengan karakter yang baik, kita bisa belajar dari mereka tentang bagaimana cara bersikap yang baik agar kita dapat mempraktekkan langsung di kehidupan sendiri.
  • Pengalaman adalah Pembelajaran = Semua yang sudah terjadi di dalam kehidupan ini adalah guru dan materi, semua akan terulang, semua akan kembali. Jika kita dulu pernah salah atau gagal di dalam materi sabar, jangan sampai di masa depan kita gagal sabar saat dipertemukan dengan masalah yang berat.Jika kita dulu gagal dalam materi ikhlas, maka jangan sampai kita mengulang hal yang sama.

Saat kita mampu menerapkan hal ini, maka dapat dipastikan kita akan menjadi orang yang baik, orang yang sabar, ikhlas dan mampu menerima perbedaan.

Post a Comment Blogger

 
Top