googlesyndication.com

0 Comment
Pekalongan – Guna membasmi hama tikus secara alami, anggota TNI Koramil 08/Bojong bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Kelompok Tani Desa Bojong Wetan mendirikan rumah burung hantu di areal persawahan Desa Bojong Wetan Kecamatan Bojong, Minggu (21/6/2020).

Pendirian rumah burung hantu ini merupakan suatu upaya dalam rangka memberantas hama tikus secara alami dengan memanfaatkan mata rantai kehidupan burung hantu, selain menggunakan cara lain seperti gropyokan, pengunaan jerat dan obat.

Seperti yang dijelaskan oleh Sertu Tofik Priyo Handoyo Babinsa Koramil 08/Bojong, dirinya berharap dengan pemasangan rumah burung hantu tersebut akan bisa membasmi hama tikus secara alami dengan memanfaatkan keberadaan burung hantu di areal persawahan daerah binaaanya .

“Burung hantu ini adalah pemangsa tikus cukup baik, sehingga hama tikus nantinya dapat dikendalikan”, Ungkap Tofik.

Muhammad Isrin selaku pengamat hama dari PPL kecamatan Bojong mengatakan bahwa tahun 2020 ini Kabupaten Pekalongan mendapatkan bantuan dari Pemerintah untuk satu desa mendapatkan lima unit rumah burung hantu dan dialokasikan ke Desa Bojong Wetan karena desa tersebut paling banyak hama tikusnya.

“Semoga dengan pemasangan rumah  burung hantu ini, hama tikus di area persawahan Desa Bojong Wetan dan sekitarnya dapat ditekan dan tujuan ketahanan pangan nasional dapat tercapai”,Pungkasnya. (rus)

Post a Comment

 
Top