0 Comment
Empon-empon yang cukup populer belakangan ini akibat dari pandemi Covid-19 yaitu Kunyit, Temulawak dan Jahe.
Negara kita mempunyai berbagai macam jenis tanaman. obat tradisional yang tidak dimiliki oleh negara lain. Karena di tanah air kita ini banyak mempunyai berbagai macam kekayaan, yaitu sumber daya alam. 

Tanaman obat tradisional yang dinamakan empon-empon menjadi sangat populer karena dipercaya untuk menangkal virus Covid-19. 

Empon-empon merupakan suatu bahan yang mana memiliki suatu senyawa ataupun zat tunggal yang terdiri dari beberapa unsur pendukung.

Covid-19 merupakan sebuah virus yang mengganggu sistem organ pernafasan, dan dapat memperparah penyakit terutama yang mempunyai riwayat penyakit komplikasi dan gangguan penyakit lainnya

Baca Juga :
Empon- empon dikenal sebagai salah satu bahan tradisional yang dipercaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati komplikasi dan berbagai penyakit lainnya.

Ciri-ciri empon-empon berdasarkan morfologi atau berdasarkan bentuknya merupakan suatu tanaman rimpang yang mana merupakan tanaman yang tumbuh didalam tanah, mempunyai ruas dan menghasilkan tunas tiap ruasnya.

Empon-empon yang cukup populer belakangan ini akibat dari pandemi Covid-19 yaitu Kunyit, Temulawak dan Jahe.


  • Kunyit = Tanaman ini mempunyai dua senyawa yaitu kurkumnoid dan minyak atsiri. kunyit memiliki berbagai manfaat sebagai jamu dan obat tradisional untuk melawan berbagai jenis penyakit. Senyawa yang ada di dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri dipercaya sebagai antioksidan, antitumor, maupun antikanker.  Selain itu tentunya kunyit mempunyai manfaat sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan kanker dan tumor.
  • Temulawak = Temulawak mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza, Temulawak juga memiliki beberapa kandungan senyawa kimia, antara lain berupa fellandrean dan turmerol, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan kurkuminoid. 
Manfaat Temu Lawak 
  1. Mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, dyspepsia, dan lain sebagainya.
  2. Meringankan osteoarthritis, Curcuma mempunyai fungsi untuk meredakan peradangan,Mengatasi Kanker,Menyembuhkan HepatitisMeredakan Asma, bagi penderita yang berhubungan dengan asma atau gangguan paru- paru Pengobatan untuk sakit ginjal ( biasanya dicampur dengan senyawa lainnya).
  3. Menyembuhkan bisul.
  4. Efektif untuk mengatasi mual.
  5. Mengurangi kelelahan otot.
  • Jahe = Tanaman jahe mempunyai beberapa kandungan senyawa seperti oleoresin, geranial, neral, b-fellandren, sineol, borneol, bisabolen, zingiberene, gingerol, shogaol, diterpenes, lypids, protein, pati dan vitamin. Tanaman ini berdasarkan penelitian memiliki berbagai manfaat, diantaranya sebagai efek anti inflamasi, antimikroba, anti kanker, anti diabetes, anti lipidemik dan antiemetik.

Itulah manfaat dari ketiga tanaman tersebut dan hubungannya terhadap penyakit Covid-19. Sementara ini penyakit Covid-19 belum ada obatnya, namun kita dihimbau untuk menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah menajemen stress. Diharapkan dengan mengatur pola pikir dan mengurangi beban pikiran, kita dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Post a Comment Blogger

 
Top