0 Comment
JK: Kolaborasi Ulama Dan Saudagar Hasilkan Islam Moderat Di Indonesia
Bandar Batang -  Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan sejarah perkembangan Islam di Indonesia memiliki kecenderungan moderat sehingga berbeda dengan negara-negara Islam lainya.

"Mengapa Islam di Indonesia memiliki akar moderat karena dalam perkembanganya melalui pendekatan hubungan dagang bukan melalui jalur penaklukan atau perang," ucapnya, saat memberikan sambutan dalam peresmian gedung Indonesia, di Ponpes Tazakka, Bandar, Batang, Jumat (6/9/19).

JK menyampaikan, transisi hubungan dagang membuat perkembangan Islam di tanah air memiliki kecenderungan menjadi moderat.

Itulah mengapa, lanjut dia, organisasi kemasyarakatan yang tumbuh pesat pada saat itu adalah organisasi dagang atau sarekat dagang.

"Islam dikembangkan dengan hubungan dagang, jadi spirit golongan atau kelompok tidak ada," imbuhnya.

Demikian juga hubungan antara ulama dengan saudagar Islam tidak bisa dilepaskan dalam perkembangan siar Islam itu sendiri, Ketua Pembina Yayasan Tazakka, Din Syamsudin, menyampaikan hal tersebut di kesempatan yang sama.

Menurut Din Syamsudin, perkembangan dunia pesantren sejauh ini di Indonesia juga kian menggembirakan dan membanggakan, karena kolaborasi antara ulama dengan saudagar masih menjadi kekuatan penyebaran virus siar Islam melalui lembaga pendidikan di pesantren.

"Jadi sebarkanlah virus kebaikan ini di semua tempat dan wartakanlah agar tempat lain juga memiliki kesempatan yang sama. Pesan saya setelah itu buatlah inovasi dalam siar Islam," pintanya.

Post a Comment Blogger

 
Top