googlesyndication.com

0 Comment
18 Desa di Kabupaten Batang Siap Melaksanakan Pilkades Tanpa Politik Uang 
Kabupaten Batang - Roadshow Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades) serentak yang beradab dan bermartabat oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda ) Kabupaten Batang, selama satu pekan secara maraton di 15 Kecataman. 

Mendapat dukungan dari 18 desa di Kabupaten Batang yang menyatakan siap melaksanakan Pilkades beradab dan bermartabat, tidak itu saja mereka juga siap tanpa menggunakan uang dalam pemilihan nanti. 

Pelaksanaan Pilkades akan berlangsung 29 September 2019 secera serentak di 206 desa. 

"Harapan saya pilkades serentak ini menyenangkan dan tanpa money politik demi untuk kemaslahatan desa. Jadikan demokrasi pilkades yang menggembirakan bagi warganya," Kata Bupati Wihaji usai melaksanakan Silaturahmi Kamtibmas di Kecamatan Reban Senin ( 16/9/19). 

Gerakan moral anti money politik di dilaksanakan di 15 kecamatan, kegiatan menghadirkan semua calon kepala desa, panitia pilkades dan Badan Pemusyawaratan Desa ( BPD), dan tokoh masyarakat desa. 

"Ini merupakan gerakan moral sebagai bentuk ikhtiar kita untuk harapan dan masa depan yang lebih baik dan terciptanya kesejahteraan masyarakat desa, yang awalnya gerakan ini hanya 4 desa, terus bertambah 5,7, 14 sampai 17 desa," Jelas Wihaji 

Dengan bertambahnya desa yang melaksanakan Pilkades tanpa uang, ini menunjukan adanya pemahaman dan pendewasan masyarakat dalam berpolitik setelah adanya gerakan moral ini. 

Kepala desa bukanlah pejabat politik, akan tetapi proses pemilihanya secara politik yang dipilih langsung oleh rakyat lanjutnya. Dan kalau memang berhasil melaksanakan tanpa money politik akan Akan ada bantuan keuangan desa Rp 100 sampai 200 juta. 

"Oleh karena itu, kami harapakan ada kearifan lokal yang harus kita bangun untuk terlepas dari politik uang," kata Wihaji 

Biaya politik yang tinggi akan merubah niatan baik kepala desa terpilih untuk mengembalikan modalnya, kalau hal ini terjadi rakyat yang akan dirugikan dan tidak mungkin kesejahteraan akan terbangun. 

Semangat kita bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah yaitu rasa memiliki terhadap Kabupaten Batang, maka gerakan moral pilkades bermartabat dan beradab tanpa money politik harus kita laksanakan dengan baik. 

" Sementara baru ada 18 desa yang siap Pilkades no money politik dan tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan bertambah, kita sambut baik desa yang memiliki niata yang luar biasa ini dan kami harpakan semunya desa pilkades tidak dinodai dengan politik transaksional," kata Wihaji. 

Ia juga berharap desa yang akan melaksanakan Pilkades tanpa politik uang harus belajar dengan Desa Kemiri Barat Kecamatan Subah, yang pada pemilihan sebelumnya tidak ada politik uang dan bisa terlaksanan, kalau kemiri barat bisa maka desa lain pun harus bisa. 

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan, Kami bersama Forkopimda selalu menjaga dan menciptakan kondisi yang aman, tentram dan damai dalam proses Pilkades, maka kita menggelorakan gerakan moral no money politik, tapi apakah gerakan ini didukung atau tidak kita serahkan kepada masyarakat semuanya. 

"Oleh karenanya semangat Forkopimda kita sengkuyung bersama, libatkan semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua komponen untuk betkomitmen dan terlibat mengawasi serta menciptakan situasi yang aman, kondusif dan terlaksnakan pilkades yang beradab dan bermartabat tanpa money politik," kata Kapolres. 

Kita bukan melakukan pembiaran terhadap money politik terjadi dalam Pilkades, tetapi kita berusaha menggelorakan gerakan moral dengan pendekatannya kesadaran masyarakat memilih pemimpin amanah karena tanggung jawab sebagai warga. 

"Salah satu faktor potensi konflik dalam pilkades adalah money politik, kalau biaya pencalonan sangat mahal. Maka niat awal yang baik untuk mengabdi mensejahterakan desa akan berubah, yang ada bagaimana berusaha untuk mengembalikan modal," jelas AKBP Edi Suranta Sinulingga 

Semua calon niiatnya mengabdi memajukan desa, maka jangan berhenti disitu saja lakukan pendekatan masyarakat dengan cara - cara yang baik untuk meraih kemenangan, jangan sampa ada intimidatif atau profokatif, pungkasnya 

Adapun 18 desa siap Pilkades tanpa money politik yakni, Kecamatan Wonotunggal Desa Kreo,Sodong, Kemligi Kecamatan Tulis Desa Siberuk, Kecamayan Subah Kemiri Barat, Kecamatan Gringsing Desa Yosorejo, Kecamatan Reban Desa Reban, Kalisari, Candirejo, Pacet, Tambakboyo dan desa Sukomangli, Kecamatan Bawang Desa Candirejo, Kecamtan Tersono Desa Pujud, Boja, Rejosari Timur, Satrian, Kecamatan Banyuputih Desa Dlimas, Timbang.

Post a Comment

 
Top