googlesyndication.com

0 Comment
gambar ilustrasi
Buah lontar atau siwalan rupanya mirip dengan kolang-kaling ini merupakan buah yang mengandung segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat buah lontar bagi tersebut tak lepas dari kandungan sejumlah nutrisi dan vitamin, seperti: Serat,Karbohidrat, Protein,Kalsium,Kalium,Fosfor,Seng,Vitamin A, B, dan C

Buah lontar adalah buah yang masuk ke dalam golongan palma buah ini banyak tumbuh di daerah tropis, dan wilayah Asia Selatan juga Asia Tenggara menjadi habitat utama dari pohon lontar tersebut. Di Indonesia sendiri, pohon lontar dapat ditemui di sejumlah daerah mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara.

Manfaat Buah Lontar bagi Kesehatan Selain menyegarkan , buah lontar mengandung banyak manfaat terkait kesehatan tubuh. diantaranya.
  • Merawat Sistem Pencernaan
Sebagai buah yang mengandung serat, manfaat buah lontar adalah untuk merawat kesehatan sistem pencernaan, juga mengatasi sejumlah masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit dan diare.
  • Mencegah Dehidrasi
Kandungan air yang tinggi pada buah lontar, yakni mencapai 90 persen, menghasilkan manfaat buah lontar untuk mencegah tubuh agar tidak kekurangan cairan atau dehidrasi.
  • Merawat Fungsi Hati dan Ginjal
Buah lontar atau siwalan menjadikan buah yang juga efektif dalam merawat fungsi hati dan ginjal, serta mencegah keduanya dari pelbagai penyakit.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat buah lontar untuk menjaga kesehatan kulit ini dihasilkan oleh kandungan vitamin C di dalamnya, yang mana vitamin C tersebut memiliki sifat antioksidan guna melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang dipicu oleh serangan radikal bebas.
  • Mengobati Diabetes
Bagi  yang mengidap penyakit gula darah atau diabetes, mengonsumsi buah lontar sangat disarankan. Pasalnya, buah lontar mengandung glikemia dalam jumlah rendah sehingga dapat membantu tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah.

Tak hanya buahnya, akar pohon lontar apabila diekstraksi juga menghasilkan manfaat buah lontar yang sama, yakni membantu agar kadar gula di dalam darah tetap terkendali.
  • Meningkatkan Kesuburan
Manfaat buah lontar untuk pria dipercaya bisa meningkatkan, baik kualitas maupun kuantitas sperma. Memang, belum ada studi yang secara khusus meneliti manfaat buah lontar untuk kesuburan pria ini. 
  • Mengobati Disfungsi Ereksi
Manfaat buah lontar untuk pria yang juga dipercaya banyak kalangan adalah, bisa mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi. Namun sama seperti klaim manfaat buah lontar untuk kesuburan pria, manfaat buah lontar yang satu ini juga masih diragukan kebenarannya mengingat belum adanya studi yang menelitinya.
  • Antibiotik
Buah lontar juga dikenal sebagai antibiotik alami. Kandungan enzimdi dalam buah segar ini menurut sejumlah penelitian cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh.

Selain itu, lontar juga turut serta memaksimalkan kinerja probiotik atau bakteri ‘baik’ dalam melawan bakteri jahat.
  • Antioksidan
Seperti yang tadi sudah dijelaskan, buah lontar kaya akan kandungan zat antioksidan. Hal ini lantas menghasilkan manfaat buah lontar untuk mencegah stres oksidatif di dalam tubuh, yang mana kondisi tersebut bisa berujung pada kerusakan sel-sel tubuh.

Kerusakan sel-sel tubuh tentu saja merupakan sesuatu hal yang harus dihindari karena dampaknya bisa memunculkan sel-sel abnormal yang berpotensi menjadi tumor, bahkan bisa berkembang menjadi sel kanker nan berbahaya.

Post a Comment

 
Top