Terima Hibah Kemenhub, Bupati Belitung Jemput Kapal Pelra Ke Kota Pekalongan

April 21, 2018
pekalongan-news.com
Bupati Belitung, Sahirman, berpose di kapal Pelayaran Rakyat yang dibuat oleh PT Barokah Marine Pekalongan sebelum kapal bertolak menuju Babel
Kota Pekalongan
Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Belitung, Sahirman, bersama Kepala Dinas Perhubungan, Ayi Thamrin dan rombongan, Jum'at (20/4/18) petang menjajal performa Kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) di perairan Kota Pekalongan. 

Kapal Pelra yang diberi nama Banawa Nusantara dibuat di galangan kapal PT Barokah Marine Pekalongan merupakan kapal bantuan hibah dari Kementrian Perhubungan untuk pulau terluar. 
"Ini akan sangat besar manfaatnya bagi pelayaran rakyat karena Kabupaten Belitung merupakan daerah kepulauan sehingga koneksitas antar pulau penting untuk peningkatan ekonomi maupun tujuan wisata," terangnya. 
Sahirman menjelaskan, Kendati  pihaknya hanya mendapatkan satu buah kapal Pelra di tahun anggaran 2017 yang terealisasi di tahun 2018 atau termin pertama namun ia masih berharap di akhir tahun ini atau termin kedua, Kabupaten Belitung akan kembali menjadi penerima bantuan hibah kapal Pelra lagi dari Kementrian Perhubungan. 
"Kalau tahun ini kita dapat satu, lalu Pemprov Babel juga satu. Mudah mudahan di termin kedua kita akan dapat lebih banyak," ucapnya. 
Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Ayi Thamrin mengatakan, rencananya kapal Pelra akan melayani rute Pelabuhan Ru-Kecamatan Selat Nasik yang ada di pulau Gersik. 
"Ini akan menjadi triger atau pemicu pertumbuhan ekonomi dan pariwisata pulau-pulau yang lain, khususnya Pulau Gersik," jelasnya. 
Dia menambahkan, untuk mengoperasionalkan kapal Pelra Pemkab Belitung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 600 juta. 
"Semoga saja ini bisa memenuhi harapan masyarakat, khususnya warga Kabupaten Belitung," tandasnya. 

Share this

Related Posts