googlesyndication.com

0 Comment
Pekalongan News
Untuk mencegah dan mengenalkan bagaimana ciri – ciri penyakit Difteri, ratusan anggota kodim 0710 pekalongan dan ASN di beri penyuluhan tentang penyakit Difteri oleh Dr. Siti Dian Wahyuni dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 04-04.01 Purwokerto
Pekalongan – Untuk mencegah dan mengenalkan bagaimana ciri – ciri penyakit Difteri, ratusan anggota kodim 0710 pekalongan dan ASN di beri penyuluhan tentang penyakit Difteri oleh Dr. Siti Dian Wahyuni dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 04-04.01 Purwokerto,senin (22/1/18 ).

Menurutnya, sosialisai ini sangat penting mengingat di pekalongan sudah ada yang terkena penyakit Difteri ini, dan penyebaran penyakit ini tidak pandang bulu kepada siapa saja,baik tua maupun muda dan ini juga sebagai upaya pencegahan.
“Menurut analisa penyakit ini datangnya secara menyeluruh dari segala umur makanya disampaikan secara serentak, adapun penyebaranya tidak pandang bulu kepada siapa saja,baik tua maupun muda dan sosialisasi ini merupakan upaya pencegahan biar semuanya mengerti sehingga bisa mencegah penyebaranya dan tidak terjangkit penyakit Difteri ini,”Ujarnya.
Dijelaskan juga bahwa, “Penularan panyakit defteri yaitu dari air ludah yang beterbangan saat penderita berbicara batuk atau bersin sehingga akan membawa serta kuman kuman defteri tersebut, selain itu bisa di tularkan juga melalui makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut,”jelasnya.

Adapun gejala difteri kususnya pada anak - anak yang kena infeksi difteri setelah 2-5 hari akan mengalami gejala - gejala infeksi pada saluran pernafasan bagian atas diantaranya demam tinggi 38 c nyeri pada saat menelan, pusing dan tampak selaput berwarna putih keabu - abuan pada hidung atau tenggorokan serta bengkak pada leher.

Selanjutnya untuk cara pencegahan menurutnya, dengan memberikan kekebalan pada anak - anak dengan cara imunisasi DPT combo.
"Untuk anak dan bayi imunisasi DT untuk anak sekolah dasar usia kurang dari 7 tahun dan harus menghindari kontak langsung dengan penderita difteri,”Tambahnya
Menurut Dian dengan menjaga kebersihan diri dan menjaga setamina tubuh dengan makan makanan yang bergisi,mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, berolah raga dengan teratur , dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur akan bisa mencegah tertularnya penyakit tersebut,”pungkasnya.**red ( rusg99 )

Post a Comment

 
Top